Sosialita

Puluhan Asteroid Mendekati Bumi !

CALIFORNIA - Badan antariksa Amerika Serikat, NASA pada Desember 2013 mengaktifkan kembali program Near-Earth Object Wide-field Survey Explorer (NEOWISE). Setelah dua belas bulan sejak program itu diaktifkan, ilmuwan NASA menemukan tiga komet baru dan 40 objek luar angkaa tak dikenal yang berada dalam jarak terdekat dengan Bumi.

Dilansir Okezone dari Theregister, NEOWISE dimulai pada 2009 dengan nama WISE atau Wide-field Infrared Survey Explorer. Pada 2010, terdapat kendala yang menyebabkan teleskop inframerah kehilangan hidrogen yang dipakai untuk pendingi. Sehingga, misi tersebut dihentikan sementara.

Ilmuwan kemudian memanfaatkan sensor yang dibawa WISE, yang tidak memerlukan pendingin. Lalu, pada 2011 program ini dijalankan lagi dengan nama NEOWISE.

Pada 2013 pendanaan untuk penelitian digencarkan untuk ekplorasi luar angkasa lebih mendalam. Kali ini, program NEOWISE difokuskan untuk menemukan objek berbahaya dan batu luar angkasa yang mendekat ke Bumi.

NEOWISE bukanlah satu-satunya program yang diluncurkan NASA untuk menemukan objek asteroid yang berada di dekat Bumi. Teleskop luar angkasa lainnya di seluruh dunia juga memantau asteroid dan usaha mereka dicatat oleh Minor Planet Centre.

Sekira 93 objek asteroid baru yang ditemukan tercatat pada 2014. Objek-objek dekat Bumi yang tercatat ini berada pada jarak 7,5 juta kilometer dari Bumi dan memiliki ukuran diameter 110 meter atau lebih.

Informasi yang beredar sebelumnya mengungkapkan, ahli astrofisika asal Rusia mengonfirmasi temuan asteroid raksasa yang bergerak menghampiri Bumi setiap tiga tahun sekali. Asteroid 2014 UR116 secara teknis bersinggungan dengan orbit Bumi setiap tiga tahun sekali. Risiko terburuk kemungkinan bisa datang karena lintasan asteroid tersebut berubah akibat tarikan gravitasi planet. (cr01/*)