Sosialita

Tips Aman Naik Pesawat

BANYAK orang yang merasa takut naik pesawat. Namun, sebenarnya tidak ada hal yang perlu Anda takutkan jika semuanya baik-baik saja.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat Anda tetap aman dan nyaman di pesawat sebagaimana dilansir dari Yahoo Travel, Rabu (14/1/2015).

Tetap waspada
Anda mungkin akan melakukan penerbangan panjang selama beberapa jam. Namun, Anda harus tahu kapan saat-saat krusial dalam penerbangan. Tahapan paling berbahaya adalah saat lepas landas lalu mulai menanjak dan ketika pesawat mulai turun untuk mendarat. Sebaiknya Anda juga menghindari meminum alkohol dan obat-obatan hingga Anda benar-benar telah berada di ketinggian.

Berpakaian simpel
Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dalam penerbangan, misalnya mendarat darurat. Untuk itu, berpakaianlah secara nyaman dan tidak berlebihan agar memudahkan evakuasi saat terjadi keadaan darurat. Anda bisa memakai sepatu bertumit datar. Sebisa mungkin hindari memakai sepatu hak tinggi di pesawat. Karena sepatu hak tinggi akan menyusahkan Anda saat turun dengan slide evakuasi.

Dengarkan arahan pramugari
Mendengarkan arahan pramugari dengan seksama adalah hal perlu Anda lakukan, agar Anda tahu persis letak pintu darurat yang dapat diakses, saat terjadi keadaan darurat. Anda juga akan paham bagaimana menggunakan pelampung jika mendarat di air. Jadi, jangan abaikan arahan keselamatan dari pramugari.

Selalu eratkan sabuk pengaman
Menggunakan sabuk pengaman bukan hanya saat lampu tanda mengenakannya tengah menyala. Sebab, turbulensi dapat terjadi kapan saja dan dapat membuat tubuh Anda tidak stabil. Jadi, gunakan selalu sabuk pengaman saat Anda duduk.

Jangan pangku anak
Meskipun anak Anda masih kecil dan biasa Anda pangku di dalam mobil, jangan lakukan hal ini di pesawat. Biarkan dia duduk di kursinya dan cukup pegangi tangannya. Sebab memangku anak adalah hal yang berbahaya, terutama saat terjadi turbulensi ekstrem karena anak Anda dapat terjatuh dan terluka. (cr01/oz)