Sosialita

Ini Dia Alasan Kenapa Memelihara Kuku Panjang Berbahaya

KUKU panjang selalu dikaitkan dengan feminitas dan kecantikan. Tetapi, mereka bisa mengundang munculnya berbagai penyakit dan masalah kesehatan lain jika tidak dikelola dengan baik. Kok bisa?
 
Sebuah studi yang dilakukan oleh Infectious Disease Society of America mengungkapkan bahwa, kuku yang lebih panjang dari 0,3 centimeter di luar ujung jari saja bisa membawa bakteri dan jamur berbahaya di bawah kuku.
 
Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kebanyakan orang tidak cukup baik mencuci tangan. Menurut Dr Carol A. Kauffman, anggota penulis studi, orang harus menghabiskan setidaknya 15 detik untuk mencuci tangan dan membersihkan bawah kuku mereka untuk menyingkirkan kuman yang tak terlihat.
 
Banyak wanita lebih memilih untuk memanjangkan kuku, baik secara alami atau dengan memakai kuku palsu. Kuku panjang memiliki potensi untuk menyebabkan sejumlah masalah kesehatan karena mereka adalah tempat yang sempurna bagi kuman dan kotoran untuk tinggal.
 
Para ahli kesehatan setuju bahwa kuku harus dipotong pendek dan tetap bersih. Hal ini penting untuk dipikirkan ulang dan memastikan bahwa Anda bisa merawat kuku dengan baik. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kuku panjang yang buruk bagi kesehatan, seperti dilansir dari Healthmeup.
 
Memelihara kuku panjang tentu tidak nyaman dan berpotensi membahayakan diri Anda. Anda bisa melukai diri sendiri ketika kuku Anda terjebak dalam ritsleting, penutup kaleng, atau benda-benda lainnya. Selain itu, kuku buatan rentan terhadap infeksi jika dipakai terlalu lama.
 
Menggunakan tangan Anda untuk makan makanan ketika Anda memiliki kuku panjang dapat memungkinkan bakteri dan agen infeksi lain untuk masuk ke sistem Anda. Dengan segala kemungkinan yang dapat terjadi, Anda perlu perhatian lebih untuk menjaga kuku Anda. 
 
Jika Anda memang harus memiliki kuku panjang, penting bahwa Anda menjaga kesehatan dan keamanan. Jangan gunakan kuku untuk membuka benda-benda yang dapat mengikis bagian dari kuku Anda, sehingga membuatnya tajam dan berbahaya.
 
Pastikan Anda memakai sarung tangan saat memasak, membersihkan, dan mencuci untuk mencegah kuman dari mengumpulkan di bawah kuku Anda. Hindari juga menggigit kuku, karena ini merupakan kebiasaan buruk yang memungkinkan kuman masuk ke dalam tubuh Anda.(rep05)