Hukum

DPRD Pekanbaru Desak Imigrasi Tegas Terhadap Imigran Gelap

Pekanbaru-Banyaknya imigran gelap yang akhir-akhir ini berkeliaran dengan bebas di Pekanbaru, Riau mendapat perhatian serius dari pihak legislator setempat karena kondisi ini sudah mulai meresahkan masyarakat.

Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Ida Yulita Susanti, Kamis (18/12) berpendapat banyaknya imigran gelap berkeliaran secara bebas dikhawatirkan akan memancing konflik di tengah-tengah masyarakat kota Pekanbaru.

Terkait hal itu, dia minta kepada pihak imigrasi mengambil langkah-langkah yang tegas terhadap patra imigran gelap itu. "Jika mereka memang tidak memiliki izin tinggal, segera dideportasi ke negara asal," ungkapnya.

Tanpa menafikan kondisi yang terjadi di negara asal para imigran itu, Ida Yulita berharap ada tindakan konkrit yang dilakukan pihak Imigrasi dalam menangani imigran gelap yang berasal dari sejumlah negara yang sedang berkonflik tersebut.

Dia menyebutkan, pihaknya dalam waktu dekat ini akan memanggil pihak yang berwenang menangani masalah imigran gelap ini untuk meminta penjelasan tindakan apa saja yang akan mereka lakukan dalam penanganannya.

"Kita ingin tahu bagaimana penanganan dan pengawasan yang mereka lakukan terhadap para imigran gelap. Karena itulah nantinya pihak-pihak yang berwenang akan kami ajak hearing membahas masalah tersebut," tambahnya. (rep05/mcr)