Riau Raya

Puluhan Rumah di Siak Kecil Terendam

SIAK KECIL - Sekitar 50 rumah warga di Desa Tanjung Belit dan Desa Siak Empat, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, Riau terendam banjir dengan ketinggian hampir setengah meter.

Curah hujan yang tinggi dan kanal milik perusahaan yang ada di sana, diduga menjadi pemicu utama kedua desa ini selalu langganan banjir setiap tahun.

Kepala Desa Tanjung Belit, Joko Margono, Rabu (17/12), mengungkapkan, banjir menggenangi desanya disebabkan kanal PT Surya Dumai Agrindo yang operasionalnya masuk dalam kawasan desa itu.

"Mulai dari kebun sawit sampai rumah-rumah warga sebagian besar terendam banjir yang tiap tahun semakin tinggi, ini dipicu oleh keberadaan kanal-kanal milik PT Surya Dumai Agrindo," ujar Joko.

Dikatakan Joko desa yang dipimpinnya dan juga Desa Siak Empat menjadi korban dampak lingkungan dari operasional PT. SDA, akan tetapi sejauh ini belum ada perhatian sedikitpun dari perusahaan yang bersangkutan.

"Jangan kan membantu desa dengan program CD, perhatian terhadap korban banjirpun tidak diberikan PT SDA, kita desak direksi nya untuk turun langsung meninjau kemari dan bertanggung jawab atas terjadinya banjir ini," pungkasnya.

Masyarakat Tanjung Belit dan Siak Empat lanjut Joko yang mayoritas adalah petani, tidak dapat leluasa menjalankan aktivitas perekonomian dalam kondisi seperti saat .

"Petani tidak bisa beraktivitas, kita tidak mungkin menyetop operasional PT SDA, tapi dampak lingkungannya sangat riskan bagi masyarakat," tutup Joko. (rep05/mcr)