Sport

Arsenal Amankan Tiket Terakhir Liga Champions

Arsenal akhirnya mengamankan jatah terakhir Liga Champions milik Liga Premier Inggris setelah memenangkan pertandingan dengan skor 1-0 melawan Newcastle United di St James Park, Minggu (19/4) waktu setempat. Laurent Koscielny menjadi sosok berjasa dalam pertandingan ini lewat gol tunggalnya di menit ke-51.

Dikejar target mengamankan tiket terakhir ke Liga Champions, Arsenal justru kerap mendapat tekanan dari tuan rumah. Newcastle nyaris mendapat peluang melalui Papiss Demba Cisse di menit ke-12 kalau saja solo run-nya tidak segera dihentikan oleh Laurent Koscielny.

Arsenal juga sempat memiliki peluang melalui Santiago Cazorla namun tendangan jarak jauhnya tak membuahkan hasil. Sial bagi The Gunners, belum berakhir babak pertama mereka sudah harus kehilangan Mikel Arteta lebih awal karena mengalami cedera dan digantikan oleh Alex-Oxlade Chamberlain.

Memasuki 30 menit pertandingan, Arsenal mulai mencoba keluar dari tekanan Newcastle, namun solidnya lini pertahanan The Magpies yang digalang Fabricio Coloccini membuat serangan Arsenal yang diinisiasi Cazorla belum bisa menembus gawang Steve Harper. Lukas Podolski sempat nyaris mencetak gol namun tembakannya masih bisa diamankan Harper, dan hingga babak pertama berakhir tak ada gol yang tercipta.

Di babak kedua Arsenal mengambil inisiatif permainan dan melakukan serangkaian tekanan untuk lini pertahanan Newcastle. Gunners akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-51 berkat gol Koscielny.

Berawal dari tendangan sudut Theo Walcott, Per Mertesacker mengirimkan umpan yang diteruskan Koscielny dan menembus gawang Steve Harper. Walcott nyaris menambah keunggulan semenit kemudian kalau saja ia tidak dihentikan oleh Harper. Hatem Ben Arfa sempat berpeluang menyamakan kedudukan, namun tendangannya dari jarak jauh hanya meleset ke sisi gawang Szczesny.

Memasuki masa injury time, Walcott kembali nyaris mencetak gol setelah solo-runnya melewati bek Newcastle. Tetapi bola yang dilepaskannya justru membentur tiang gawang dan Harper berhasil mengamankannya sebelum Jack Wilshere bisa memanfaatkan bola rebound.

Hingga pertandingan selesai, tidak ada gol lagi yang tercipta. Hasil ini menempatkan Arsenal di posisi keempat dengan 73 poin, selisih 1 angka dari saingan terdekat Tottenham Hotspur yang juga menang 1-0 melawan Sunderland. (rep05)

Susunan pemain

Newcastle: 37 Steve Harper, 26 Mathieu Debuchy, 27 Steven Taylor, 2 Fabricio Coloccini, 13 Mapou Yanga-Mbiwa (49 Adam Campbell, 80'), 10 Hatem Ben Arfa, 4 Yohan Cabaye (8 Vurnon Anita, 57') , 24 Ismael Cheik Tiote, 18 Jonas Gutierrez, 11 Yoan Gouffran (22 Sylvain Marveaux, 64'), 9 Papiss Demba Cisse

Arsenal: 1 Wojciech Szczesny, 3 Bacary Sagna, 4 Per Mertesacker, 6 Laurent Koscielny, 28 Kieran Gibbs, 16 Aaron Ramsey, 8 Mikel Arteta (15 Alex Oxlade-Chamberlain, 27'), 14 Theo Walcott, 7 Tomas Rosicky, 19 Santiago Cazorla (10 Jack Wilshere, 88'), 9 Lukas Podolski (12 Olivier Giroud, 77').