Riau Raya

Anjlok Lagi, Harga TBS Sawit Riau

PEKANBARU - Pekan ini harga tandan buah segar (TBS) sawit Riau kembali mengalami penurunan dimana untuk TBS sawit umur 10 tahun ke atas, turun sebesar Rp24,80 perkilogram, dari sebelumnya Rp1.655,81 perkilogram, kini menjadi Rp1.631,01 perkilogram.
 
Kepala Dinas Perkebunan Riau, Zulher, Selasa (9/12) mengatakan penurunan harga TBS sawwit kali ini diakibatkan oleh musim penghujan yang menimpa hampir seluruh provinsi pengasil sawit di Indonesia.
 
Disebutkannya, apada msuim penghujan, biasanya buah kelapa sawit akan lebih cepat matang. Dengan cepat matang itu mengakibatkan sawit jadi cepat dipanen sehingga produksi TBS sawit Indonesia mengalami peningkatan.
 
"Sementara itu permintaan pasar global terhadap produksi sawit Indonesia tetap. Inilah yang menjadi penyebab harga TBS sawit dalam beberapa pekan terakhir ini terus mengalami penurunan," jelas Zulher.
 
Meski harga TBS sawit Riau mengalami penurunan, namun menurut dia, jika dilihat standar harganya saat ini, tidak perlu diakahawatirkan. Menurut dia, harga TBS sawit Riau masih diatas normal harga petani yaitu Rp1.5000 perkilogram. (rep05/mcr)