Hukum

Ini Dia Detail Interogasi CIA Terhadap Teroris

WASHINGTON – Laporan yang diterbitkan CIA tentang terorisme telah menimbulkan kecaman dari berbagai kalangan di Amerika Serikat (AS).
 
CIA dianggap bermain “Russian Roulette” dalam menginterogasi tahanan terorisme. Selain itu, cara yang dilakukan oleh badan intelijen ini tidak sesuai dengan prinsip hak asasi manusia yang selama ini diagungkan AS.
 
Dilansir IB Times, Rabu (10/12/2014), berikut ini adalah teknik interogasi yang dilakukan oleh CIA terhadap para tahanan.
 
Manipulasi Diet
Tahanan diberikan makanan yang tidak menimbulkan selera makan.
 
Tahanan Dibiarkan Kurang Tidur
Tahanan diinterogasi dengan cara berdiri dan kakinya diikat dengan belenggu sehingga mereka tidak bisa melakukan posisi tidur. Tahanan harus menghadapi pertanyaan para interogator hingga 180 jam tanpa tidur.
 
Wall Standing
Para Tahanan dibiarkan berdiri menghadap tembok dengan tangan terikat selama berjam-jam.
 
Stress Position
Teknik ini merupakan kelanjutan dari Wall Standing. Tahanan dibiarkan berdiri dengan menghadap tembok lalu para tahanan akan mengalami stress.
 
Waterboarding
Ini adalah teknik terkenal yang dilakukan CIA. Tahanan disuruh berdiri di atas meja lalu mereka ditidurkan. Kemudian para interogator menyiram air ke arah wajah tahanan sehingga menimbulkan kesan para tahanan sedang berada di laut. (rep05)