Riau Raya

Asiiik, Pemerintah Siapkankan Hibah Modal untuk Usaha Pemula

PEKANBARU - Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM mengucurkan dana hibah yang bisa digunakan sebagai tambahan modal bagi usaha yang dijalankan para pemula dalam mengembangkan bisnis kecilnya.
 
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Riau melalui Kasi sarana dan Prasarana UKM, Irianto, Kamis (20/11) di Pekanbaru mengatakan, untuk mendapatkan dana hibah ini, wirausaha pemula harus terlebih dahulu mengajukan proposal.
 
Proposal bantuan itu ditujukan kepada Kementerian Koperasi dan UKM lewat Deputi Pengembangan SDM. Namun sebelum itu, terlebih dahulu disampaikan ke Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Riau dan mereka akan mendapatkan pelatihan untuk pengembangan usaha.
 
Disebutkannya, ketentuan yang dimuat dalam proposal pengajuan dana hibah tersebut antara lain latar belakang usaha, keterangan modal awal yang telah dikeluarkan, siapa saja segmentasi pasar dari usaha itu, bagaimana nilai jualnya, penjelasan tentang keunggulan produksi yangd dihasilkan, keterangan prospek usaha dan penjelasan terkait biaya produksi.
 
Selain proposal, ada syarat lain yang harus dilengkapi wirausaha pemula yang mengajukan proposal, yaitu foto kopi KTP 4 lembar, Pas photo 3x4 sebanyak 4 lembar, foto kopi NPWP, foto kopi rekening tabungan, dan biodata,
 
Setiap proposal yang diterima setelah melewati seleksi diberikan maksimal anggaran Rp25 juta. "Untuk tahun 2014 ini baru sebanyak 75 proposal yang sudah masuk. Untuk itu kepada wirausaha pemula segera mengajukan proposal ke Dinas Koperasi Riau," ungkapnya. (rep05/mcr)