Riau Raya

Musih Hujan Kepung Riau, BPBD Siaga Banjir

Pekanbaru-Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau sedang siaga banjir hingga akhir tahun 2014 mengingat intensitas hujan di berbagai wilayah kabupaten/kota yang masih tinggi.
 
"Masyarakat diimbau untuk mewaspadai situasi ini karena hujan akan terus terjadi hingga Desember 2014," kata Kepala BPBD Riau Said Saqlul Amri kepada pers di Pekanbaru, Kamis.
 
Menurut dia, prakiraan itu sesuai dengan yang diriliskan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru.
 
 Kepala BMKG Stasiun  Meteorologi Pekanbaru, Sugarin, mengatakan saat ini di sebagian Riau telah memasuki puncak musim hujan.
 
"November ini, curah hujan tinggi terjadi di beberapa wilayah kabupaten/kota seperti Kampar, Rokan Hulu, Indragiri Hulu dan Kuantan Singingi," katanya,
 
Ia menjelaskan, kemunkinan hujan juga masih akan terjadi hingga akhir tahun dan masyarakat diimbau untuk mewaspadai bencana banjir yang saat ini telah melanda sejumlah kawasan di beberapa kabupaten/kota di Riau.
 
Hujan yang rutin terjadi sejak satu pekan terakhir dilaporkan juga telah merendam ribuan rumah di Kabupaten Kampar dan Rokan Hulu.
 
Sejumlah  fasilitas pendidikan juga dikabarkan terendam sehingga aktivitas pendidikan menjadi terhambat.
 
Badan SAR Nasional (BaSARNas) Pekanbaru sebelumnya juga telah melakukan evakuasi terhadap sejumlah korban banjir terparah di Kabupaten Kampar dan Rokan Hulu.
 
"Kami mengirim 14 personel untuk tugas evakuasi korban banjir di Rokan Hulu (Rohul) dan belasan keluarga telah dievakuasi," kata Kepala sub Seksi Operasional SAR pada BaSARNas Pekanbaru, Abdul Malik.
 
Dia mengatakan, petugas juga membawa sejumlah fasilitas untuk evakuasi para korban banjir seperti dua unit perahu karet, jaket pelampung, serta alat penting evakuasi lainnya sejak beberapa hari lalu.
 
Saat ini dikabarkan banjir di daerah itu telah mulai surut dan beberapa warga yang mengungsi telah kembali ke rumahnya untuk bersih-bersih.
 
BaSARNas sebelumnya juga telah mengevakuasi sejumlah korban banjir di Kabupaten Kampar dan sebagian saat ini juga telah kembali ke rumahnya setelah air surut. (rep05/ant)