Nasional

Citilink Buka Rute Baru Pekanbaru -Surabaya PP

Pekanbaru-Maskapai penerbangan berbiaya murah (LCC) Citilink membuka rute penerbangan baru Pekanbaru-Surabaya PP setelah melihat besarnya potensi ekonomi dimiliki kedua daerah itu.

"Kekuatan ekonomi yang dimiliki Pekanbaru dan Surabaya dapat disinergikan guna mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di masing-masing wilayah. Citilink dalam hal ini membantu percepatan sinergi tersebut sehingga betul-betul bisa dirasakan secara nyata bagi masyarakat Riau dan Jawa Timur," kata Vice President Corporate Communications PT Citilink Indonesia Benny S Butarbutar di Pekanbaru, Minggu.

Sebelumnya Citilink menerbangi Pekanbaru-Surabaya dua kali sehari via Jakarta, sebagai upaya untuk mempercepat akselerasi pertumbuhan ekonomi dan mobilitas penduduk di Provinsi Riau dan Jawa Timur.

Hal tersebut juga didasari oleh strategi ekspansi bisnis Citilink yang mengutamakan penguatan konektivitas antarkota di Indonesia, sekaligus sebagai langkah antisipatif untuk memperkuat jaringan domestik menyambut ASEAN Open Sky Policy 2015. Perluasan konektivitas pada akirnya meningkatkan daya saing Citilink dalam era liberalisasi tersebut.

Selain itu, Pekanbaru sebagai ketiga terbesar di Sumatera yang sebelumnya terhubung dengan lima kota di Indonesia (Jakarta, Batam, Dumai, Medan dan Bandung) serta Kuala lumpur dan Singapura, sudah saatnya "Kota Bertuah" memiliki keterhubungan dengan Surabaya yang merupakan salah satu pusat perekonomian penting di Jawa Timur dan Indonesia.

Berdasarkan data BPS Semester I 2014, laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau tercatat tumbuh sebesar 3,42 persen, dengan sumber pertumbuhan terutama berasal dari sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, dan perikanan. Tetapi, pertumbuhan pada sektor perdagangan, hotel dan restoran (pariwisata) tercatat lebih tinggi lagi yaitu sebesar 8,52 persen.

Citilink akan melayani penerbangan Surabaya-Pekanbaru setiap hari dengan keberangkatan pukul 05.20 WIB, sementara untuk Pekanbaru- Surabaya akan diberangkatkan pukul 08.25 WIB. Citilink sebelumnya telah memperkuat penerbangan dari Surabaya dengan membuka rute Surabaya-Makassar dan Surabaya-Palangkaraya guna mengutilisasi armada berkekuatan 31 pesawat Airbus A320 pada November 2014.

Sejak Citilink memperoleh Air Operator Certificate (AOC) dari Kementerian Perhubungan pada 2012 Citilink telah berkembang dengan pesat. Diawali dengan sembilan pesawat Airbus A320, bertambah menjadi 29 pesawat pada 2013, dan akan menjadi 32 pesawat pada akhir 2014. Dan akan menjadi 50 pesawat pada 2016, tetap dengan armada jenis Airbus A320.

Citilink telah menerbangi sebanyak 2,9 juta penumpang pada 2012, kemudian meningkat sebanyak 5,2 juta penumpang pada 2013, dan sebanyak 5,4 juta penumpang pada Oktober 2014, atau mendekati target 2014 sebanyak 8,2 juta penumpang.

Adapun kota-kota yang diterbangi hingga kini mencapai 26 kota dengan frekuensi penerbangan mencapai 180 penerbangan per hari. Sedangkan tingkat ketepatan waktu penerbangan atau on time performance (OTP) rata-rata mencapai 87 persen dari keseluruhan penerbangan. (cr01/ant)