Riau Raya

Peserta Tes Lanjutan Bidang CPNS Riau Tinggal 840

PEKANBARU - Seleksi lanjutan ‎Tes Kemampuan Bidang (TKB) alon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau dilakukan tiga tahap dan untuk proses tersebut jumlah peserta diprediksi mencapai 840 orang. 
 
Informasi tersebut disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, M Guntur, Sabtu (15/11) di Pekanbaru. Menurutnya, proses tersebut tidak berlangsung lama karena jumlah peserta yang tidak sebanyak seleksi TKD. 
 
'Formasi yang tersedia kan 168, kalau yang mengikuti TKB itu dikali lima formasi jumlah hanya 840. Sedangkan tes yang kita laksanakan hanya tiga tahap,'' imbuh Guntur. 
 
Ia menerangkan, secara persyaratan seleksi TKB terbagi lima tahapan. Yakni, tes psikotes lanjutan, tes performance, tes wawancara, tes toefl dan tes kemampuan akademik. 
 
''Dari tahapan tersebut, panselnas mengatakan boleh dilaksanakan minimal dua tahapan sebagai standardisasi. Tapi kita rancang tiga tahapan saja,'' tuturnya.
 
Hal itu ditempuh tambah Guntur karena pertimbangan finansial. Sebab, pihaknya melibatkan tim akademisi, peralatan dan sarana penunjang lainnya yang memerlukan dukungan finansial. 
 
"Kalau kami maunya semua tahapan itu dilakukan, serta semua yang lulus passing grade mendapat kesempatan. Hanya saja, kita terbatas dari segi finansial. Makanya, yang kita laksanakan hanya tes psikotes lanjutan, tes performance dan tes wawancara,'' sambungnya. (rep05/mcr)