Riau Raya

4 Daerah di Riau Ini Harus Hati-hati dengan Serangan Puting Beliung

Pekanbaru-Empat kabupaten/kota di Riau saat ini rawan terjadi angin puting beliung, masing-masing Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, Kota Pekanbaru.
 
Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru melalui staf analisa Agus, Kamis (13/11) di Pekanbaru mengatakan sebenarnya seluruh wilayah Riau berpotensi puting beliung, namun intensitas tinggi terjadi di empat kabupaten/kota tadi.
 
Dia menyebutkan kapan terjadi angin puting beliung dan dimana lokasinya, belum bisa diprediksi. Hanya saja dia minta kepada masyarakat Riau, terutama di keempat kabupaten/kota tadi untuk terus mewaspadainya," ungkap dia.
 
Dikatakannya, munculnya awal comulonimbus (Cb) saat ini memang harus diwaspadai, karena awan pertikal menjulang sangat tinggi itu bisa menghasilkan angin puting beliung dengan kecepatan tinggi.
 
Awan tersebut, menurut dia, dapat terbentuk sendiri, secara berkelompok atau sepanjang front deingin di garis squall. Dari awan ini, selain bisa mdenghasilkan angin puting beliung juga badai petir besar.
 
Disebutkannya, angin puting beliung bisa terjadi kapan saja. "Karena itu kami menghimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap bahaya angin puting beliung ini, karena bisa merusak apa saja," ungkapnya.(rep05/mcr)