Nasional

Presentasi Jokowi Bahasa Inggris di KTT APEC Beredar di YouTube

Jakarta-Minggu (9/11/2014), akun resmi KTT Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) di situs berbagi video YouTube mengunggah presentasi yang dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Presentasi itu dilakukan di hadapan perwakilan pimpinan negara-negara Asia Pasifik.
 
Dalam forum internasional tersebut, Jokowi menyampaikan presentasi dalam bahasa Inggris. Walau terkesan terbata-bata dalam pengucapan, secara umum, presentasi yang disampaikan Jokowi berjalan lancar.
 
Dalam presentasi berdurasi sekitar 13 menit itu, Jokowi menerangkan program-program kerjanya, yang akan dilakukan, seperti pencabutan subsidi BBM untuk kegiatan yang lebih produktif, pembangunan tol laut, serta menjanjikan kemudahan dalam mengurus izin usaha.
 
Pada akhir pidato, Jokowi mengajak semua negara-negara Asia Pasifik untuk datang dan menanamkan modalnya di Indonesia.
 
Menurut pantauan KompasTekno, penonton video tersebut menyampaikan bermacam komentar. Mayoritas komentar berasal dari Indonesia. Ada yang memuji, ada pula yang mengomentari kemampuan berbahasa Inggris orang ke-7 yang menjadi Presiden RI itu.
 
Presiden Jokowi dijadwalkan menghadiri KTT APEC di Beijing, Tiongkok, pada 8-12 November 2014. Kunjungan kerja tersebut menjadi yang pertama bagi Jokowi semenjak dilantik pada 20 Oktober 2014 lalu. 
 
Selain menghadiri KTT APEC, Jokowi juga dijadwalkan menghadiri ASEAN Summit di Myanmar pada 12-14 November 2014, kemudian melanjutkan perjalanan ke acara G-20 Leaders' Summit di Brisbane, Australia, pada 15-16 November 2014. (rep05)