Riau Raya

EMP Pasok 30,4 Persen Kebutuhan Listrik Riau

Pekanbaru - Perusahaan hulu minyak dan gas bumi (migas) EMP, melalui SKK Migas saat ini memasok gas untuk memenuhi sekitar 30,4 persen dari 500 Megawatt (mw) total kebutuhan listrik di Provinsi Riau.

Demikian disampaikan Area Manager EMP Bentu Limited Arief Witjaksono, di sela acara "Sosialisasi Kegiatan Usaha Hulu Migas kepada Media di Wilayah Riau", di Pekanbaru, Kamis (6/11).

Arief menjelaskan, berdasarkan perjanjian jual beli gas (PJBG), EMP melalui anak usahanya, yakni EMP Bentu Limited, memasok gas sebesar 30 MMSCFD (setara listrik 140 MW) kepada PLN. Selain itu, EMP juga memasok gas sebesar 3 MMSCFD (setara listrik 12 MW) kepada Perusda Tuah Sekata di Kabupaten Pelalawan.

"Sehingga, dari total kebutuhan 500 MW, EMP mampu memenuhi sekitar 152 MW dengan memasok gas kepada PLN dan PD Tuah Sekata," ujar Arief , seperti ynag dilansir dari okezone dalam siaran persnya, Jumat (7/11/2014).

Sedangkan untuk kebutuhan listrik di Kota Pekanbaru, tambah Arief, gas EMP Bentu Limited mampu memenuhi hampir 50 persen kebutuhan. Hal ini terlihat dari pasokan gas EMP Bentu kepada PLN sebesar sekitar 30 MMSCFD yang setara dengan listrik sebesar 140 MW.

"Jika total kebutuhan listrik di Pekanbaru sebesar 300 MW, maka EMP mampu memenuhi sekitar 46,7 persen dari total kebutuhan tersebut," katanya.

Kepala Humas EMP Dahrul Hidayat mengatakan, EMP berencana untuk menambah pasokan gas ke PLN. Dengan demikian, pasokan gas ke PLN dimungkinkan akan mampu memenuhi lebih dari 50 persen total kebutuhan listrik di Pekanbaru.

Seiring dengan adanya brand transformation di EMP, lanjut Dahrul, dalam beberapa tahun terakhir EMP secara aktif mengarahkan produk minyak dan gas bumi yang dihasilkan untuk mendukung elektrifikasi atau pelistrikan nasional bersama PLN. Hal ini menjadi bagian dari komitmen EMP dalam memberdayakan masyarakat (community empowerment) melalui program elektrifikasi tersebut.

“Karena pada dasarnya, listrik membawa perubahan besar bagi masyarakat,” tuturnya.