Fokus Rohil

Perbatasan Dumai-Rohil Masih Memanas

Daerah perbatasan Dumai-Rokan Hilir, tepatnya di Kelurahan Batu Teritip, Kota Dumai kerap memanas dan memicu konflik antarmasyarakat. Meski demikian, hingga kini penyelesaian tapal batas tersebut tak kunjung dilakukan. DPRD Dumai meminta kedua kepala daerah yakni Walikota Pekanbaru dan Bupati Rohil untuk bertemu mendudukkan persoalan.
 
"Kami berharap agar kedua pemerintah di wilayah tersebut bisa turun langsung. Bahkan berupaya melakukan penuntasan dan kepastian hukum," jelas Anggota DPRD Kota Dumai Abdul Kasim, Minggu (26/10/2014) kemarin.
 
Catatan Tribun, konflik sempat memuncak pada Mei 2014 silam. Tepatnya jelang perayaan HUT Dumai. Tapi beruntung konflik tak sempat meluas. Sebab aparat kepolisian dari Polres Dumai dan Polres Rokan Hilir segera meredam kondisi yang memanas.
 
Kawasan lainnya yang butuh perhatian yakni kawasan tapal batas Bukit Abas, Kecamatan Bukit Kapur, Kota Dumai dengan Desa Bumbung Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis. Saat ini belum ada langkah nyata dalam penyelesaian konflik tapal batas tersebut.
 
Kasim menjelaskan potensi konflik yang terjadi antar warga, akibat tidak adanya kejelasan patok batas wilayah.
 
"Kami juga ingin agar kedua pemerintah di wilayah bisa saling bertemu. Pertemuan tentunya bisa memunculkan solusi atau penuntasan. Sehingga ada kejelasan tapal batas di wilayah Bukit Abas dengan Desa Bumbung," tuturnya. (rep05/tpc)