Politik

Bahas Persiapan APEC, Jokowi Telepon Presiden Cina

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan sambungan telepon dengan Presiden Republik Rakyat Cina Xi Jinping, Jumat (24/10). Jokowi menelpon Xi dari ruang kerjanya di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.
 
"Hallo, good morning," sapa Jokowi melalui sambungan telepon. 
 
Namun, pewarta yang meliput kegiatan presiden hanya diizinkan menyaksikan momen saat mantan gubernur DKI Jakarta tersebut menyapa Xi Jinping. Selanjutnya, pembicaraan antara Jokowi dan Xi tak diizinkan diliput media. 
 
Dirjen Asia Pasifik Kementerian Luar Negeri Yuri Thamrin mengatakan, agenda penting yang dibahas Jokowi dan Xi Jinping melalui sambungan telepon berkaitan dengan persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pasific Economic Cooperation (APEC) yang akan digelar di Beijing pada 12 November mendatang. Menurut Yuri, Presiden Jokowi telah menyatakan kesediaannya untuk menghadiri acara internasional pertamanya tersebut.
 
"Insya Allah Pak Jokowi akan datang," ujarnya.
 
Selain itu, lanjut Yuri, dalam sambungan telepon tadi, Presiden Xi Jinping juga menyampaikan ucapan selamatnya pada Jokowi yang baru dilantik sebagai presiden. (rep01/rol)