Sosialita

Wah, Kini Tak Ada Lagi Ponsel Nokia

Paris - Mulai hari ini, Rabu, 22 Oktober 2014, merk Nokia akan menghilang dari jagat industri telepon selular pintar. Hilangnya nama Nokia diputuskan oleh Microsoft Inc, pemilik baru perusahaan asal Finlandia tersebut.
 
Kabar hilangnya nama Nokia tercantum di laman Facebook dan Twitter kantor Nokia cabang Perancis. Pengelola laman Facebook itu juga menyebutkan akunnya akan berganti nama menjadi Microsoft Lumia.
 
Ada juga tautan ke link Twitter Nokia Perancis yang menginformasi kabar penggantian nama tersebut akan dilakukan di beberapa negara lain, setelah Perancis. Dengan demikian, mulai saat ini tidak ada lagi ponsel Nokia Lumia. Yang ada adalah ponsel pintar berbasis Windows, Microsoft Lumia.
 
Merk Microsoft Lumia juga dikabarkan akan menggantikan nama Nokia di semua produk, media sosial, dan publikasi online. Kini, Microsoft juga mengubah produk sistem operasi untuk ponsel, dari Windwos Phone menjadi hanya Windows.
 
Setelah merk Nokia dihilangkan dari produk Lumia, Microsoft berharapkan konsumen tidak kebingungan. Maklum saja, selama beberapa tahun terakhir merk Lumia sangat lekat dengan imej Nokia.
 
Sebagai informasi, Microsoft membeli lini bisnis telepon selular Nokia pada 3 September 2013. Microsoft mengucurkan dana US$ 5 miliar untuk bisnis perakitan produk serta US$ 2,2 miliar untuk lisensi paten Nokia. Secara keseluruhan, Microsoft menginvestasikan dana US$ 7,2 miliar atau Rp 79 triliun untuk menguasai bisnis utama Nokia.
 
Setelah bisnis ponselnya dikuasai Microsoft, merk Nokia hanya bisa ditemui di produk lain seperti sistem jaringan telekomunikasi hingga produk pembuatan peta. (rep01/tco)