Fokus Rohil

Tahun 2015, Instalasi Air Bersih Rokan Hilir Difungsikan

ROKAN HILIR - Pemerintah pusat membangun instalasi pengolahan air bersih berlokasi di Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, yang mampu mensuplai air bersih bagi 3.600 kepala keluarga dan akan difunsikan tahun depan.
 
"Ini program pusat sharing dengan propinsi dan pemerintah daerah. Rencananya akan memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat khususnya di Kecamatan Tanah Putih," kata Kepala Dinas Cipta Karya Tataruang, Suwandi, disela peninjauan kelokasi pengolahan, Senin (13/10).
 
Menurutnya, dari hasil peninjauan kelapangan kondisi bangunan intek (pengolahan air-red) sudah mencapai 90 persen. Adapun anggaran pengerjaan bangunan mencapai 14 miliar lebih dengan kontraktor pelaksana PT Monhas Andesrabat.
 
Kadis menambahkan, bentuk kerjasama yang dilakukan pemerintah pusat menyiapkan anggaran pembangunan, pemerintah propinsi membangun pipa induk distribusi dan pemerintah daerah menyiapkan lahan serta jaringan pipa distribusi kerumah penduduk.
 
"Sudah ada kesekapakan, pusat anggaran pembangunan, propinsi membangun jalur pipa induk kelokasi sungai dan pemkab menyiapkan 1/2 hektar lahan. Ini adalah proyek multiyers pemerintah pusat dari tahun 2012-2014," ujar kadis.
 
Lebih spesifik Suwandi menerangkan, bahwa mesin pengolahan air tersebut dibangun 2 unit dengan kapasitas pengolahan air mencapai 40 liter perdetik. Lanjutnya, kini prosesnya masih tahap pengerjaan dan awal Nopember dipastikan rampung dikerjakan.
 
"Kondisi pengerjaan bangunan sudah mencapai 90 persen. Setelah tuntas, mesin akan dilakukan ujicoba, setelah bagus baru dioperasionalkan atau air bisa didistribusikan ke rumah masyarakat
 
Masalah pengelolaan kedepan, lanjutnya, setelah diserahterimakan pemda akan tempatkan UPTD-nya, dan perawatanya,"Insya allah kalau tidak ada halangan awal tahun 2015, sudah bisa dioperasionalkan," tegasnya.
 
Camat Tanah Putih Suryadi, menambahkan sarana  pengolahan air bersih yang diperuntukan bagi masyarakat kecamatan sangat besar manfaatnya bagi warga terutama dalam memenuhi kebutuhan air bersih, mandi dan mencuci. Apalagi, pesatnya pertumbuhan penduduk di ibukota kecamatan kini sudah mencapai hampir 10 ribu kepala keluarga, jadi program ini sejalan dengan keinginan masyarakat.
 
"Saya pikir manfaatnya sangat besar melihat besarnya pertumbuhan jumlah penduduk saat ini. Sumber air bersih nanti diharapkan mampu memenuhi pasokan air bagi siswa IPDN Rohil, Polres Rohil dan masyarakat Tanah Putih secara keseluruhan. Jika memungkinakn dapat memasok air ke kecamatan lainya," harap camat. (rep05/mcr)