DPRD Sahkan APBD Kota Pekanbaru 2019 Sebesar 2,56 Triliun


Tanggal : Selasa, 20 November 2018 

PEKANBARU- Melalui Rapat Paripurna, Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Pekanbaru Senin 19 November 2018 mensahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pekanbaru 2019 disahkan sebesar Rp2,56 triliun.

Rapat tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Pekanbaru, Sahril SH, dan didampingi Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Sigit Yuwono ST dan dihadiri anggota dewan lainnya.

Sementara dari Pemko Pekanbaru, langsung dihadiri Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus MT dan sejumlah pejabat lainnya.

Juru bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Pekanbaru, Ida Yulita Susanti SH MH, menyampaikan, berdasarkan nota keuangan Pemko Pekanbaru yang disampaikan sebelumnya bahwa anggaran dalam APBD 2019 disiapkan untuk pendidikan, infrastruktur, kesehatan, pembangunan ekonomi sebagai kemajuan kota, pembangunan kerjasama wilayah Pekan Sikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan).

"APBD Pekanbaru tahun 2019 yang disahkan yakni Rp 2,56 triliun, terdiri dari PAD sebesar Rp 2,1 triliun, dana perimbangan dan sebagainya," ujarnya.

Proses pembahasan APBD yang dilakukan mulai dari tingkat komisi yang dilaporkan ke Banggar. Selanjutnya Banggar melaporkan dalam paripurna pengesahan ini. "Nilai APBD 2019 Rp 2,56 triliun. Dibandingkan dengan APBD 2018 Rp 2,4 triliun, mengalami peningkatan sebesar Rp 86 miliar," sebutnya.

Ida mengatakan, belanja daerah yang digunakan ini untuk pelayanan, unsur penunjang pendukung, unsur kewilayahan yang terdiri dari belanja langsung dan tidak langsung.

Terkait sudah disahkannya APBD ini, Banggar menyarankan agar anggaran untuk program PMBRW dapat dilaksanakan sesuai aturan.

Selain itu, dalam melaksanakan anggaran, harus sesuai perundang-undangan yang berlaku. "Yang paling penting di sini, Banggar meminta agar Pemko menindaklanjuti temuan BPK terhadap kegiatan OMS dan lainnya," pinta Ida.

Sementara itu, Ketua DPRD Pekanbaru Sahril SH meminta dengan disahkannya APBD ini, Pemko harus segera menyesuaikan anggaran yang sudah ditetapkan di masing-masing OPD. "Kita harapkan di awal tahun sudah bisa dibelanjakan," pinta Sahril.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota dewan yang sudah melakukan pembahasan dan mempertajam program-program pembangunan dalam APBD.

Diharapkan APBD menjadi stimulus dalam pembangunan kota ini. "Kami sangat mengapresiasi terhadap kerja para anggota dewan. Kita tahu kemampuan APBD sangat kecil, makanya perlu ada dukungan dari pihak lain. Seperti Pemprov Riau, serta dukungan dunia usaha. Termasuk juga dukungan pihak kepolisian, TNI dan pihak lain dalam menjaga keamanan, sehingga investor mau berinvestasi,"pungkasnya.(galeri)


Pimpinan DPRD Pekanbaru dan Walikota Pekanbaru di paripurna pengesahan APBD Pekanbaru 2019.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT, menandatangani berkas pengesahan APBD Pekanbaru 2019

Ketua DPRD Pekanbaru Sahril, menandatangani berkas pengesahan APBD Pekanbaru 2019

Anggota DPRD Pekanbaru saat menyanyikan lagu Indoensia Raya