Mana Lebih Keren Toyota FT-1 Vs Honda NSX?

Ahad, 28 September 2014

Jakarta-Dua model konsep Toyota FT-1 dan Honda NSX yang bertamu ke IIMS tahun ini merupakan sosok ikonis buat masing-masing pabrikan. Keduanya lambang pengembangan teknologi canggih yang diadaptasi dari ranah motorsport dengan tawaran rasa berbeda. 
 
Di antara banyak perbedaan, sebenarnya FT-1 dan NSX punya kesamaan. Beberapa di antaranya, kedua unit punya tipe bodi kupe dan masih versi setir kiri. Meski sama-sama merek asal Jepang, di mobil-mobil ini mengalir “darah” Amerika Serikat. FT-1 direkayasa oleh Toyota Calty Design Research di California sedangkan NSX dikembangkan pusat R&D Honda America di Ohio. Selain itu, kendati saat ditampilkan belum terdapat sistem gerak versi produksi, kedua unit dipercaya akan dibekali teknologi hibrida mengikuti tren pengembangan mobil performa dunia.
 
Toyota mengatakan, FT-1 memiliki DNA mobil sport legendaris mereka, yaitu Supra, 2000GT, dan Celica. Nama FT berarti Future Toyota lalu angka satu setelahnya menandakan nomor satu atau yang terbaik.  Penampakan pertama di hadapan publik global pada Detroit Motor Show lalu, namun yang ditampilkan di IIMS 2014 adalah versi kedua, yakni Graphite dengan rasa balap lebih pekat dibanding versi pertama.
 
Sedangkan konsep NSX (New Sport eXperiences) merupakan calon generasi penerus mobil sport Honda dengan nama yang sama. Sebelumnya produksi NSX dihentikan pada 2005, bertahan 15 tahun sejak diproduksi pertama kali pada 1990. Berbeda dengan FT-1 yang punya penggerak roda belakang, NSX akan dilengkapi sistem gerak semua roda (All Wheel Drive)
 
Dua mobil kupe ini punya tampang agresif, tapi beda karakter. Wajahnya merucing di bagian “hidung” namun didesain punya kesan senyum melebar. Bila dilihat dari depan, sorot “mata” NSX yang sipit seakan fokus memperhatikan sesuatu. Secara keselurhan lebih klimis dibanding FT-1.
 
Kalau FT-1 lebih menyerupai mobil sirkuit. Desain bodi sepertinya dirancang banyak memperhitungkan aerodinamis untuk meningkatkan gaya tekan gravitasi. Terdapat dua rongga pada bemper yang membentuk jalur asupan udara, di bagian atap cekung, spoiler otomatis dibagian belakang bisa membantu saat dipacu pada kecepatan tinggi.
 
Pada NSX, interior dirancang minimalis, terkonsentrasi pada konsol tengah. Nuansanya sporty dengan balutan warna merah dan hitam plus berbagai aplikasi material serat karbon. Meski begitu tetap elegan selayaknya mobil premium. Pengaturan tombol-tombol operasional dibuat sederhana dan mudah dijangkau.
 
Pada FT-1 rasanya lain, kesannya sangat mobil balap futuristik. Beda dengan NSX dengan kapasitas 2-penumpang, FT-1 punya dua jok "anak kecil" di belakang. Fokus desain terasa hanya untuk pengemudi. Sebagian besar tombol pengoperasian dan indikator berada di hadapan pilot, dibantu head up display konsentrasi dan pandangan bisa selalu ke depan.
 
Keduanya punya jiwa motorsport yang cocok buat track day, namun beda kepribadian dan cita rasa. NSX menawarkan performa dan elegansi, sedangkan FT-1 berkarakter kuat driver’s car.(rep05)