18 September, 11 Calon Pimpinan KPK Ikuti Penilaian Profil

Senin, 15 September 2014

Jakarta - Anggota Panitia Seleksi (Pansel) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Farouk Muhammad mengatakan 11 kandidat yang lolos dalam seleksi makalah akan mengikuti tahap penilaian profil yang diadakan pada 18 September 2014.
 
“Pada tahap ini (penilaian profil) akan dilakukan tes psikologi," kata Farouk saat dihubungi Tempo, Ahad, 14 September 2014.
 
Farouk mengatakan melalui seleksi penilaian profil, kandidat akan mengerjakan tes psikologi untuk menggali apa saja yang mengendap di dalam diri masing-masing. Selain itu, ada juga pertanyaan-pertanyaan untuk mengukur kompetensi dan kepemimpinan. Para kandidat diharapkan mengerjakan tes dengan sejujur-jujurnya. 
 
Menurut Farouk, tes psikologi tersebut dapat mengukur sejauh mana konsistensi kandidat untuk memberantas korupsi dan mengabdikan diri kepada masyarakat. "Akan terlihat seberapa besar konsistensi mereka," kata Farouk.
 
Farouk mengatakan tahap seleksi penilaian profil ini akan berlangsung selama dua hari, dari 18 September sampai 19 September 2014 yang bertempat di Gedung Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Kandidat akan mulai mengerjakan test psikologi dari pukul 08.00 WIB. "Hingga sore hari,"kata Farouk.
 
Pansel KPK telah mengumumkan kandidat yang lolos melalui website Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yaitu www.kemenhumham.go.id pada Ahad, 14 September 2014. Dari 59 hanya 11 kandidat yang lolos.
 
Pansel KPK membuka pendaftaran untuk menggantikan Busyro Muqoddas sebagai wakil pimpinan KPK yang pensiun Desember 2014.Pansel awalnya menerima 104 peserta calon, termasuk Busyro. Setelah seleksi administrasi, tersaring 64 nama calon yang ikut seleksi makalah. Namun, lima orang tidak datang dan dianggap gugur. (rep05)