Bupati Suyatno: Perkebunan Dapat Sejahterakan Warga Rohil

Selasa, 09 September 2014

Rohil-Suyatno dengan tegas mengungkapkan perkebunan mempunyai kedudukan yang sangat penting didalam pengembagan pertanian baik ditingkat nasional maupun regional, perkebunan dapat memberikan kesejahteraan rakyat. Adapun tanaman perkebunan yang merupakan tanaman perdagangan yang cukup potensi di daerah ini ialah kelapa sawit, karet dan kelapa. 
 
Pada tahun 2013 luas areal perkebunan Rohil adalah 285.123,5 Hektare dengan produksi 10.898,5 ton CPO, 67.590,6 ton karet kering, 5.848,9 ton kopra, 4 ton kopi, 118 ton kaku dan 82,1 ton pinang.
 
Untuk memberikan kesejahteraan kepada pelaku pertanian Pemda Rohil melalui dinas terkait telah memberikan bantuan berupa bibit dengan program tersebut merupakan pencapaian perekonomian masyakat. "Tahun ini dan seterusnya kita akan tetap memberikan bantuan bibit kepada masyarakat, baik itu bibit kelapa sawit, pinang, karet dan kelapa. ini merupakan suatu program mensejahterakan masyarakat melalui potensi daerah perkebunan,"cetus Suyatno.
 
Pemberian bantuan diprioritaskan kepada desa yang daerahnya memiliki potensi areal kebun, bantuan juga diprioritaskan kepada warga petani yang pekebun agar lebih tepat sasaran.
 
Dalam pemberian bantuan terlebih dahulu dilakukan survei lokasi, areal dan potensi daerah. Artinya, bantuan bibit diberikan sesuai dengan daerah dan potensi daerah tersebut. Selain mendapatkan bantuan bibit pihak dinas juga telah memprogramkan untuk sejalan dengan memberikan bantuan obat pembasmi hama dan lain sebagainya.
 
Hal itu akan terus dilakukan dan pada tahun -tahun sebelumnya akan diupayakan lebih banyak lagi penerima dan yang pasti pemohon harus sesuai dengan kriteria dan prosedur. 
 
"Mudah -mudahan dengan adanya bantuan yang diberikan Pemda melalui dinas terkait itu dapat menjadi cambuk sebagai motivasi bagi masyarakat petani daerah kita untuk terus bisa berkarya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang tidak hanya untuk hari ini tapi terus kedepan,"jelas Suyatno. (rep05/anto)