MTQ XI Rohil Diikuti 16 Kecamatan

Rabu, 23 April 2014

Ketua Pelaksana Bidang Lomba, H Agustiar S Ag

BAGANSIAPIAPI - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) XI, Sabtu (26/4) mendatang di kota Bagansiapiapi, akan diikuti 16 kecamatan. Berbagai persiapan terus dilakukan panitia, termasuk lokasi semua cabang yang dipertandingkan.

"Semua tempat untuk perlombaan itu, sudah kita siapkan. Apalagi MTQ XI Rohil nanti memperlombakan tujuh cabang," ujar Ketua Pelaksana Bidang Lomba, H Agustiar S Ag, Selasa (22/4/14).

Kepala Kantor Kementerian Agama Rohil ini menjelaskan, cabang tilawah dan qiro'at syaba'a, akan di dipusatkan di arena utama MTQ. Sedangkan cabang fahmil dan syarhil direncanakan di gedung Lembaga Adat Melayu. "Kemudian cabang tahfiz dan tafsir, lokasinya di Aula Kantor Cipta Karya dan Tata Ruang. Cabang Khotil di GOR,  serta cabang M2Q di Kampus UR. Semua lokasi itu berada di Batu Enam," terangnya.

Agustiar menambahkan, dari 16 kecamatan yang ikut MTQ, diperkirakan jumlah peserta mencapai 480 orang. "Jika satu kecamatan mengirimkan 30 orang peserta, maka keseluruhannya bisa mencapai 480 orang. Hanya saja, saya minta kepada semua kecamatan agar tiga hari sebelum pelaksanaan, datanya sudah masuk ke sekretariat seksi perlombaan," harapnya.

Persiapan lain yang sudah dilakukan, lanjut Agustiar, yakni kelengkapan administrasi dan blanko serta menyiapkan para dewan hakim. "Kantor sekretarit seksi perlombaan, untuk sementara, kita pusatkan di Kantor Kementerian Agama Rohil," ujarnya. (rep1)