Pemilu 2014: PAN Yakin Raih 8 Kursi di DPRD Riau

Sabtu, 19 April 2014

Pekanbaru-Partai Amanat Nasional (PAN) optimis bisa menempatkan delapan kadernya di DPRD Provinsi Riau, bahkan bisa sembilan kursi. Jumlah ini meningkat dari periode lalu yang hanya enam kursi.
 
Rasa optimis itu disampaikan juru bicara DPW PAN Provinsi Riau, Ir. H. Fendri Jaswir MP, Jumat (18/4/2014). "Kita optimis delapan kursi, bahkan bisa sembilan kursi jika Dapil Rohul kita dapat," ujarnya.
 
Menurut Fendri, dari delapan Daerah Pemilihan (Dapil), hanya Dapil Rokan Hulu (Rohul) yang dari awal agak berat. Namun berdasarkan laporan caleg PAN, masih ada peluang duduk. Kursi ke enam atau terakhir, masih bersaing antara PAN dan PKS.
 
Sedangkan Dapil lain, kata mantan anggota DPRD Riau ini, diperkirakan memperoleh satu kursi. Bahkan Dapil Bengkalis, Meranti, Dumai, dipastikan dapat dua kursi. ''PAN rekor untuk Dapil Bengkalis, Meranti dan Dumai, mengalahkan partai lain,'' ujarnya.
 
Fendri belum mau menyebutkan nama-nama caleg yang lolos ke Gedung Lancang Kuning. ''Walaupun saya sudah tahu nama-namanya, namun karena belum pleno KPU, saya belum mau menyebutkannya,'' ujar caleg DPRD Riau dari Dapil Kota Pekanbaru itu.
 
Selain peningkatan di DPRD Provinsi Riau, di DPRD Kabupaten/Kota juga terjadi peningkatan. Peningkatan tajam terjadi di DPRD Bengkalis dari dua kursi menjadi delapan kursi. Di DPRD Meranti juga meningkat menjadi lima kursi. ''Di dua kabupaten ini, Insya Allah, PAN menjadi pemenang dan menjadi Ketua DPRD,'' ujarnya.
 
Kejutan juga terjadi di Indragiri Hulu yang dulu tak ada kursi, kata Fendri, sekarang dapat tiga kursi. ''Ini kejutan. Kita memberikan apresiasi kepada DPD PAN Inhu yang dengan keterbatasan dapat merebut kursi di DPRD Inhu,'' katanya. (rep05/grc)