Luar Biasa, Sepasang Mangga Ini Dihargai Rp34 Juta

Sabtu, 12 April 2014

Tokyo-Sepasang mangga yang tumbuh di wilayah selatan Jepang, kamarin terjual dengan harga 3.000 dollar AS atau sekitar Rp 34 juta dalam sebuah lelang buah-buahan di Jepang.Demikian kantor berita Kyodo melaporkan.
 
Mangga "taiyo no tomago" atau kira-kira berarti "telur matahari" akan diterbangkan dari Miyazaki di bagian paling selatan Jepang ke sebuah pusat perbelanjaan di Fukuoka, tempat mangga itu akan dijual.
 
Tak semua mangga bisa mendapatkan status "taiyo no tomago". Untuk mendapatkan status bergengsi itu sebuah mangga harus memiliki berat sedikitnya 350 gram dan memiliki kadar gula yang tinggi. Demikian dijelaskan Federasi Ekonomi Pertanian Miyazaki.
 
Di Jepang, harga buah-buahan memang sangat mahal. Tidak aneh jika sebutir apel berharga hingga Rp 35.000 dan satu kotak berisi 20 buah ceri bisa dihargai hingga hampir Rp 1,5 juta.
 
Namun, semua harga buah ini terlihat murah jika melihat harga dua buah blewah yang dilelang pada 2008. Saat itu, kedua buah tersebut dihargai 25.000 dollar AS atau Rp 285 juta. (rep05)