Ibu-ibu di Rohil Diajari Buat Keripik Nenas

Ahad, 05 Mei 2013

Puluhan ibu-ibu Koperasi Wanita Mandiri di Rantau Bais, Kabupaten Rokan Hilir nampak sumringah ketika didatangi tim pelatih dari SKKMigas – PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI). Puluhan ibu-ibu itu diberi pelatihan kewirausahaan soal pembuatan keripik nenas, akhir pekan lalu.

Rantau Bais memang terkenal dengan hasil nenasnya, alasan itulah yang membuat PT CPI ingin memberdayakan hasil kebun menjadi produk rumahan yang bisa dipasarkan.

Pelatihan yang bekerjasama dengan Politeknik Caltex Riau, Balai Penerapan Teknologi Pertanian, dan Enterpreneurship University Pekanbaru ini tak hanya mengajarkan para ibu-ibu untuk memanfaatkan buah nenas menjadi keripik yang gurih, melainkan juga bagaimana memasarkan hasil produksi tadi.

Sebelumnya, SKKMigas – Chevron juga memberikan pelatihan menjahit kepada sejumlah ibu-ibu rumah tangga di Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir. Bekerjasama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pelita Riau, PT CPI memberikan sejumlah bantuan mesin jahit supaya bisa dimanfaatkan untuk menambah keahlian ibu-ibu selain mengurus rumah.

Hal serupa juga dilaksanakan di Bengkalis. 40 pelajar putus sekolah diberi pelatihan otomotif dan menjahit di Politeknik Caltex Riau selama 1,5 bulan. (rep02)