Mahfud MD Yakin PKB Masuk Empat Besar

Rabu, 09 April 2014

Jakarta-Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, optimistis bahwa Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dapat meraih posisi empat besar perolehan suara pada Pemilu Legislatif 2014. Menurut Mahfud, suara PKB akan didominasi dari pemilih di Pulau Jawa.
 
"Semakin ke Jawa, kekuatan PKB semakin bertambah. Saya percaya lah PKB bisa di lima besar, malah empat besar," kata Mahfud di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah, Rabu (9/4/2014).
 
Setelah melihat mengetahui hasil pemungutan suara hari ini, kata Mahfud, PKB akan menentukan koalisi dengan partai lain peserta pemilu. Menurutnya, koalisi tersebut dapat dilakukan dengan partai atas maupun koalisi baru dengan deretan partai tengah. "Koalisi dengan siapa, ke arah mana, itu belum. Nanti setelah pileg," katanya.
 
Hari ini Mahfud menggunakan hak pilihnya di Yogyakarta. Salah satu bakal calon presiden dari PKB itu juga berkunjung ke Magelang, Jawa Tengah. Menurut Mahfud, antusias masyarakat pada pemilu legislatif kali ini lebih baik dari sebelumnya.
 
"Sejak kemarin saya di Jogja, lalu saya ke Magelang, di sana ada basis PKB. Saya lihat ke sana ramai sekali," katanya. Selain Mahfud, PKB juga mengusung penyanyi dangdut Rhoma Irama sebagai kandidat capres 2014.
 
Sementara itu, berdasarkan hasil sementara penghitungan cepat Litbang Kompas, Rabu sore, PKB berada pada posisi empat besar. Hingga pukul 16.30, PKB mendapatkan 9,8 persen suara. Di atasnya ada PDI Perjuangan dengan 19,65 persen, Golkar dengan 15,73 persen, dan Gerindra meraih 11,39 persen. Hasil itu berdasarkan penghitungan suara dari 30 persen jumlah sampel tempat pemungutan suara sebanyak di 34 provinsi. (rep05)