Jangan Salah, Sering Minum Air dengan Lemon Berbahaya

Rabu, 02 April 2014

Jakarta-Mengonsumsi air dengan irisan lemon kini menjadi kebiasaan banyak orang, terutama mereka yang sedang melakukan diet atau detoksifikasi. Tentu saja lemon dalam air minum tersebut bukan sekedar hiasan, tapi memiliki manfaat kesehatan.
 
Air dengan irisan lemon mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, antara lain vitamin C, potasium, dan serat. Tetapi, minuman tersebut bisa menimbulkan efek samping berbahaya jika terlalu sering dikonsumsi. 
 
Berikut beberapa bahaya mengonsumsi air dengan irisan lemon.
 
- Erosi gigi
Mengonsumsi makanan atau minuman asam terlalu sering, seperti air lemon, akan menyebabkan gigi kontak dengan asam. Dalam jangka panjang hal ini akan mengerosi enamel gigi dan membuat gigi lebih sensitif, terutama pada makanan panas atau dingin. Untuk melindungi gigi, konsumsi minuman asam dengan sedotan. Jika Anda sebelumnya sudah mengalami erosi gigi konsultasikan dengan dokter gigi yang bisa merekomendasikan pemberian lapisan gigi.
 
- Naiknya asam lambung
Terlalu sering mengonsumsi air dengan lemon akan membuat Anda yang sudah menderita heartburn (naiknya asam lambung) menjadi lebih parah. Heartburn ditandai dengan rasa panas dan membakar di daerah dada karena asam lambung naik ke kerongkongan.
 
- Sering berkemih dan dehidrasi
Meski jarang, air lemon bisa menimbulkan efek diuretik. Lemon mengandung vitamin C yang tinggi atau asam arkorbat. Kandungan tersebut akan meningkatkan produksi urin di ginjal sehingga Anda jadi lebih sering berkemih. Kondisi ini juga bisa menyebabkan dehidrasi karena sodium banyak dikeluarkan. (rep05)