14 Ribu KTP-el Akan Disalurkan ke Warga Rohil

Kamis, 27 Maret 2014

ilustrasi/net

BAGANSIAPIAPI - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) akan menyalurkan 14 ribu lembar Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) kepada warga di seluruh kecamatan. KTP-el ini telah tiba di Kantor Disdukcapil beberapa hari lalu dari Pemerintah Pusat untuk diteruskan ke Pemerintah Kecamatan.

"14 ribu lembar KTP-el milik seluruh warga Rohil di berbagai kecamatan, saat ini tengah kita pilah-pilah. Kemudian, dalam waktu dekat disalurkan ke warga melalui kecamatan masing-masing," ujar Kepala Disdukcapil Rohil, Ir Amiruddin, Kamis (27/3/14) di Bagansiapiapi.

Dalam waktu dekat, Disdukcapil juga bakal menerima KTP-el lagi sebanyak 1.400 lembar. "Dengan begitu, total KTP-el akan bertambah menjadi 15.400 lembar yang akan disalurkan. Dan, 1.400 lembar KTP-el itu sidah di Pekanbaru, tinggal dikirmkan ke Rohil saja," sebut Amirudin.

Meski demikian, diakuinya, masih banyak warga Rohil yang belum melakukan perekaman KTP-el. Untuk itu, Disdukcapil mengharapkan bagi warga yang merasa belum memiliki identitas segera melakukan perekaman di Kantor Camat masing-masing. "Malah masih banyak warga kita yang sudah merekam tetapi belum mendapatkan KTP-el. Jadi, warga yang belum melakukan perekaman jangan pula sungkan melihat kenyataan ini, intinya bagaimana kita menjadi pribadi yang tertib administrasi kependudukan. Soal keterlambatan pengiriman KTP-el, biarlah itu menjadi urusan pemerintah," imbau Kepala Disdukcapil Rohil ini.

Disinggung mengenai pencoblosan Pemilu, 9 April mendatang, Amiruddin menegaskan, sepanjang warga memiliki identitas yang lengkap meski masih mengantongi KTP Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK), warga tetap bisa menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS). "Inikan sifatnya hak warga negara dalam menentukan hak pilihnya di Pemilu, jadi biar masih mengantongi KTP SIAK, warga tetap bisa memilih ke TPS. Bila perlu, silahkan datang ke Kantor Disdukcapil meminta keterangan sudah melakukan perekaman KTP-el jika takut ada kendala," tegasnya. (rep1)