Annas Maamun: Pemimpin Harus Tegas

Jumat, 03 Mei 2013

 

DALAM memimpin setiap organisasi, baik lembaga apapun namanya hingga menjalankan roda pemerintahan dibutuhkan seoramng pemimpin yang memiliki sikap tegas. Namun, sikap tegas tidaklah mengesampingkan keperluan orang banyak terutama mendahulukan kepentingan rakyat.
 
Pemimpin tidak boleh lemah dari segala hal, termasuk ilmu dan akhlak agar bisa menjadi panutan rakyat. Jika sikap ini salah satunya hilang dari seorang pemimpin, maka sebagai pemimpin bakal tidak dihargai rakyatnya. Sehingga, tujuan dalam memimpin sulit akan tercapai jika pemimpin itu sendiri tidak tegas apalagi tidak menghargai dirinya sendiri. 
 
Prinsip ini terus saya jalankan untuk kepentingan rakyat banyak sebagai Bupati Rokan Hilir. Meskipun saya menyadari sikap tegas tak selamanya disukai semua masyarakat. Tak jarang rakyat menjadi marah kepada saya ketika mengambil keputusan tegas. 
 
Tetapi, dari sebagian masyarakat yang membenci setiap pemimpin, sayapun percaya ribuan masyarakat sayang kepada pemimpin yang bersikap tegas. Yang penting, kerja keras dan tanggung jawab seorang pemimpin tidak boleh lepas untuk memperkuat pondasi menjalankan roda pemerintahan.
 
Contohnya, dalam menjalankan roda pemerintahan, setiap bupati, walikota, hingga presiden sekalipun ketika harus menjalankan kepentingan orang banyak dengan mengorbankan perombakan struktur jabatan pembantunya, maka disitulah gemuruh perlawanan yang tak jarang dari para pejabat itu sendiri mulai memberontak atasannya. Menyikapi hal ini, terus terang saya tak pernah gentar menghadapinya sepanjang untuk kepentingan rakyat. 
 
Saya tidak segan-segan memutasi pejabat yang selama ini membantu saya bekerja apabila dalam bekerja dirinya memiliki misi tersembunyi yang tidak mendahulukan kepentingan rakyat. Bahkan, tak jarang pejabat eselon II yang saya non job-kan jika tidak becus dalam bekerja. Sebab, saya tak pernah minta uang dalam promosi jabatan kepada mereka, kita mau benar-benar dan bagus untuk bela kesejahteraan masyarakat. 
 
Untuk itu, saya tekankan seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Rohil untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas sebagai aparatur negara. Dengan begitu, diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (rep-01).