Hujan Guyur Rohil, Asap pun Mulai menghilang

Senin, 17 Maret 2014

BAGANSIAPIAPI - Sempat diselimuti kabut asap yang tebal dalam beberapa hari ke belakang di wilayah Rokan Hilir (Rohil) khususnya Kota Bagansiapiapi, kini kabut asap di wilayah Rohil ini sudah mulai menghilang. Hal ini dikarenakan hujan mengguyur di hampir semua daerah di Kabupaten Rohil.
 
Salah satu Tokoh Masyarakat Bagansiapiapi, Muslim, Minggu (16/3) kemarin di Bagansiapiapi menyatakan, walaupun hujan tidak terlalu lebat di Bagansiapiapi, namun cukup lama mencapai dua jam. Sehingga mengurangi asap yang masih ada di Bagansiapiapi.
 
"Ya, kita mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT, hujan saat ini hujan sudah turun. Karna sudah hampir 3 bulan lebih tidak turun hujan, sehingga dengan sedikit hujan ini sudah mampu mengurangi asap tenbal saat ini," ujar Muslim.
 
Dia mengatakan, tebalnya asap seminggu belakangan ini membuat masyaratakat susah untuk melakukan keluar rumah, karna tebalnya asap sanggup membuat sesak pernapasan dan memedihkan mata. Sehingga banyak warga yang mendiam di rumah saja.  "Walaupun hujan cukup sebentar dari jm 15.00 hingga 17.00 WIB, namun terlihat sudah tidak ada lagi asap. Bahkan pandangan jarak pandang kita juga mampu memandang jarak jauh. Sehingga tidak meringankan susah warga," ungkap Muslim.
 
Lebih Jauh dikatakanya, kalau kedepan tidak ada hujan lagi, ditakutkan kebakaran Karhutla di Rohil akan kembali lagi. Dan tentunya asap menyelimuti Bagansiapiapi akan timbul lagi. "Ditambah air bersih akan sulit di cari, saat ini saja sudah banyak warga ke sulitan air bersih. Hal ini yang harus di perhhatikan pemertintah," timpal Muslim. (rep03)