1.500 Mahasiswa Miskin Rohil dapat Beasiswa

Sabtu, 08 Maret 2014

BAGANSIAPIAPI - Sebanyak 1.500 mahasiswa miskin berprestasi dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) yang memiliki standar Indeks Prestasi (IP) 3,00 akan mendapat dana beasiswa dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil). Kini, proses pencairan beasiswa segera dilakukan sesuai permohonan yang dimasukkan mahasiswa tahun 2013 lalu ke Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra).

Hal ini disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setdakab Rohil, Alkan, Sabtu (8/3/2014) di Bagansiapiapi. "Mahasiswa miskin yang mengajukan bantuan dana beasiswa akan mendapatkan sebesar Rp2,5 juta untuk kategori S1. Sedangkan mahasiswa D3 menerima sebesar Rp2 juta. Tahun ini, calon penerimaan beasiswa meningkat menjadi 1.500 mahasiswa dari tahun lalu sebanyak 900 mahasiswa," rinci Alkan.

Dijelaskannya, pemohonan bantuan dana beasiswa untuk S1 tahun ini ada sebanyak 1.000 mahasiswa, dan 500 mahasiswa dari D3. "Beasiswa hanya diberian untuk mahasiswa D3 dan S1 miskin. Sementara untuk jenjang S2 dan S3 belum dilakukan Pemkab Rohil. Sebab, ini dilarang sesuai peraturan Mendagri Nomor 32 tahun 2011, pasal 26 ayat 1 dan 2 tentang bantuan beasiswa," paparnya.

Lanjut Alkan, pihaknya juga telah melakukan seleksi terhadap berkas pemohon bantuan dan tinggal mengangendakan penyaluran. "Selain IP-nya minimal 3,00, mahasiswa juga harus menunjukkan surat aktif kuliah, kartu mahasiswa, transkrip nilai dan surat keterangan tidak mampu. Kemungkinan paling lama Oktober mendatang penyaluran rampung dilakukan. Dalam pembagian, yang bersangkutan mengambilnya sendiri di kantor Bupati Rohil," tegasnya. (rep1)