Diskes Rohil Akan Bagikan Kelambu Insektisida

Sabtu, 11 Januari 2014

ilustrasi/net

BAGANSIAPIAPI - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) akan membagikan kelambu insektisida untuk wilayah pesisir pantai, Pulau Halang, Kecamatan Kubu Babussalam dalam waktu dekat. Jumlah kelambu itu diperkirakan sebanyak 2.000 helai.

Kepala Diskes Rohil, dr HM Junaidi Saleh M Kes melalui Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Penyaluran Bantuan Diskes, dr Tribuana Tungga Dewi, membenarkan hal tersebut, Sabtu (11/1). "Untuk tahun 2014 ini, kelambu insektisida akan kita bagikan ke warga yang bermukim di Pulau Halang. Alasannya, dari hasil pemetaan, Pulau Halang termasuk daerah rawan malaria," sebut Tribuana.

Lanjut Tribuana, direncanakan sebanyak 2.000 helai kelambu yang akan dibagikan diyakini mampu menekan angka penderita malaria dan penyakit musiman lainnya.  "Secepatnya kita salurkan," timpalnya.

Sementara, Kabupaten Rohil memiliki daerah rawan terhadap penyakit malaria yang umumnya berada di daerah pesisir pantai, seperti Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kubu Babussalam, Bangko, dan Sinaboi. "Puskesmas yang ada di daerah pesisir pantai sudah mengambil langkah-langkah pencegahan terhadap malaria. Misalnya, melakukan sosialisasi tentang kesehatan kepada masyarakat setiap ada kesempatan," sebutnya.

Namun demikian, imbau Tribuana, bila masyarakat menemukan kasus malaria dan lainnya, diminta segera melaporkannya ke puskesmas terdekat. "Langkah seperti ini segera dilakukan bila ditemukan ada kasus malaria," pintanya. (rep1)