Ini Dia 16 Kesalahan Merawat Kulit Wajah

Kamis, 09 Januari 2014

Pendiri Jill Zander Skin Rejuvenation Clinic, Jill Zander, mengatakan kita bisa keliru dalam melakukan perawatan kulit. Berikut catatannya seperti dilansir female first:
1. Terlalu banyak pelembab
Salah memilih pelembab bisa membuat kulit terlalu kering atau terlalu berminyak. Pelembab yang digunakan harian harus mengandung SPF. Krim malam harus digunakan pada malam hari. Jangan mengoleskan pelembab di sekitar mata, karena kulitnya yang tipis. Kulit yang tipis mudah menjadi penuh dengan produk yang Anda gunakan dan menyebabkan penyumbatan yang memunculkan bintik-bintik putih. 
 
2. Pengelupasan kulit berlebihan
Pengelupasan berlebihan dapat menimbulkan kulit kemerahan dan iritasi serta membuat kulit berminyak. Pengelupas non-abrasif yang menggunakan AHA, BHA dan asam buah, bukan scrub fisik, dapat membantu mencegah kulit sensitif terlalu banyak mengelupas. Untuk kulit normal ke berminyak pengelupasan hanya perlu dilakukan dua kali seminggu.
 
3. Terburu-buru menggunakan serum
Saat menggunakan serum pada kulit, penting untuk membiarkannya meresap dan mengering sebelum menggunakan pelembab. Sebaliknya, serum yang pekat akan diencerkan dengan pelembab. Hal ini berarti kulit Anda tidak menuai semua manfaat dari serum. 
 
4. Menggunakan Krim anti-penuaan sebelum waktunya
Jangan menggunakan krim anti-penuaan sebelum kulit Anda menunjukkan tanda-tanda penuaan. Jika Anda menggunakan bahan-bahan anti-penuaan sebelum kulit Anda membutuhkan maka akan berefek merugikan. 
Misalnya, retinols untuk anti-penuaan kulit, namun jika digunakan sebelum dibutuhkan, atau digunakan dalam konsentrasi terlalu tinggi, kulit benar-benar akan terkelupas. Ini bisa disamakan seperti pengelupasan kulit - jika Anda menggunakannya terlalu dini, terlalu sering atau terlalu kuat, maka  kulit dapat menjadi sangat rapuh dan tipis.
 
5. Menggunakan Retinol tanpa membiarkan kulit menyesuaikan diri
Retinol telah terbukti dapat meningkatkan kecerahan dan tekstur kulit, anti-pigmentasi dan mengobati jerawat. Ketika mulai menggunakan produk retinol, kulit perlu menyesuaikan diri secara bertahap karena  vitamin A (retinol) dapat mengiritasi kulit, kira-kira  tiga hari hingga dua minggu. 
Retinol hanya digunakan pada malam hari untuk meminimalkan sensitivitas cahaya. Pastikan Anda tidak menggunakan produk dengan konsentrasi retinol yang terlalu tinggi jika Anda lebih muda. (rep05)