Hebat, Presiden Ini Antre untuk Beli Makan Siangnya

Ahad, 29 Desember 2013

BEIJING - Presiden Cina, Xi Jinping, mengejutkan warga yang sedang berada di restoran kecil di Beijing timur, Cina. Pasalnya, Xi mendadak turun dari kendaraan lalu ikut antre dan memesan roti isi untuk makan siang, Sabtu (28/12). 
 
Setelah mengenali sang pembeli sebagai presiden mereka, warga pun berebutan mengambil foto Xi dan langsung mengunggahnya lewat jejaring sosial. Foto- foto itu pun langsung diunggah oleh kantor berita pemerintah, Xinhua. 
 
Menurut He, manajer restoran Qing-Feng, Xi dan rombongan kecilnya tidak membuat kehebohan ketika mampir di restorannya pada Sabtu siang. Sang presiden kemudian membayar sendiri makanan seharga 21 yuan (sekitar Rp 42 ribu, red). 
 
"Tidak ada pengamanan khusus selama beliau makan," kata sang manajer. "Pelanggan kami bahkan bisa dengan bebas keluar-masuk restoran, dan banyak yang berfoto bersama beliau juga."
 
Dalam sebuah foto, koki restoran terlihat berfoto bersama Xi yang tetap asyik makan saat fotonya diambil. 
 
Sejak dilantik pada Maret lalu, Xi memang membangun citra sebagai presiden yang dekat dengan rakyat. Ia memiliki jadwal kunjungan ke berbagai pabrik dan rumah warga.
Pada April lalu, harian Hong kong melaporkan Xi terlihat menaiki taksi di Beijing. Namun, warga yang antusias harus kecewa karena berita ini disangkal oleh media pemerintah. 
 
Yang jelas, kunjungan yang dilakukan Xi ini nyaris tidak pernah terdengar dilakukan petinggi Cina mana pun. Mereka biasanya selalu dikelilingi oleh petugas dan tidak bercampur dengan warga umum kecuali dalam acara yang sudah dijadwalkan. (rep05)