Kabag Humas Rohil Tutup Pelatihan Jurnalistik

Jumat, 20 Desember 2013

Kabag Humas Pemkab Rohil, Syamsul Kidul menutu pelatihan kehumasan dan jurnalistik, Kamis (19/12/2013). (rep1)

BAGANSIAPIAPI -  Pelatihan Kehumasan dan Jurnalistik bagi pegawai Bagian Humas Sekertariat Pemkab Rokan Hilir dan wartawan resmi ditutup, Kamis (19/12/2013). Kegiatan digelar selama 10 hari dengan peserta sebanyak 50 wartawan yang bertugas di Pemkab Rohil untuk menambah wawasan menyangkut dunia jurnalistik dan peliputan.

Penutupan ini dilakukan oleh Kepala Bagian Humas Setdakab Rohil, Syamsuk Kidul di salah satu hotel di Bagansiapiapi. "Selama sepuluh hari pelatihan ini, kita telah mendatangkan berbagai narasumber, baik dari Intitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Universitas Muhammadiyah, Universitas Islam Riau, hingga menghadirkan wartawan senior dari Pekanbaru. Semoga ilmu yang disajikan para narasumber bisa menambah wawasan para peserta," ujar Syamsul.

Selama pelatihan, para peserta diberi materi mulai dari cara menulis berita yang benar, hingga cara pemotretan suatu objek peliputan yang dilakukan seorang wartawan. "Dengan begitu, kami harap peserta dapat terus mengambangkan potensi dirinya begitu keluar dari pelatihan ini," timpalnya.

Untuk itu, dirinya mengharapkan kepada para wartawan yang bertugas di Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir dapat menyajikan setiap tulisan yang berimbang dengan mengedepankan fakta dan keakuratan informasi. "Jadilah wartawan yang bisa memberikan sumbangsih saran melalui tulisan untuk membangun daerah. Karena, tanpa wartawan dan media, pemerintah bukanlah apa-apa. Apalagi, khusus di Pemkab Rohil, kami siap menampung setiap wartawan dalam menjalankan tugasnya sesuai kebutuhan informasi masyarakat," jelasnya.

Belakangan, para peserta diberi bekal pelatihan menyangkut materi yang berhubungan dengan tugas jurnalistik, seperti, penulisan berita, teknik wawancara, cara pemotretan, teknik mencari berita dan narasumber untuk menghasilkan berita sehingga lebih baik dalam penyajian. "Pelatihan Kehumasan dan Jurnalistik ini dilakukan setiap tahunnya. Selain itu, kita harap hubungan baik ini terus berlanjut ke depannya," harap Kabag Humas Syamsul Kidul. (rep1)