TNI Amankan Puluhan Ton Kayu

Sabtu, 23 November 2013

ilustrasi

UJUNG TANJUNG - Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari kesatuan Komando Rayon Militer (Koramil) 07, Tanah Putih berhasil mengamankan puluhan ton kayu siap olah yang akan di bawa ke Medan, Sumut. Kayu olahan tanpa dokumen itu diamankan dari truk troton BK 8846 XA saat melintas di Dusun Kampung Baru, Kepenghuluan Suka Jadi, Kecamatan Tanah Putih, Kamis (21/11/2013) dini hari.
 
Saat itu, anggota Koramil Tanah Putih, Pembantu Letnan Dua (Pelda) Safii yang tengah berdinas curiga dengan truk tronton tersebut lalu memberhentikan laju kendaraan. Saat diperiksa, ternyata dugaannya benar bahwa truk mengangkut puluhan ton kayu campuran yang akan di bawa ke Medan. 
 
Hal ini dibenarkan Komandan Koramil (Danramil), Kapten (Inf)Rismanto, Jumat (22/11/2013). Diterangkannya, penangkapan ini tanpa sengaja. "Anggota kita sedang piket. Karena curiga lalu truk dihentikan untuk diperikasa. Hasilnya, puluhan ton kayu campuran berada di dalam bak truk," jelas Rismanto
 
Kini, sambungnya, sopir truk bernama Anggiat Leonardo Sibarani turut diamankan pihaknya. "Kayunya menurut pengakuan sopir dari Kecamatan Rantau Kopar. Jumlahnya sekitar 39,7 ton. Dari jumlah itu, kita hitung kayu olahan berbentuk papan ada sebanyak 524 keping, papan sempit ada sebanyak 429 keping, papan list 4 keping, broti 1.306 keping," rinci Rismanto.
 
Dikatakan Rismanto, puluhan kayu tangkapan itu akan diserahkan Polres Rohil untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut. "Secepatnya kita serahkan barang bukti dan pelakunya ke Polres Rohil," tegasnya. (rep1)