Rohil Pamerkan Alat TTG di Padang

Jumat, 15 November 2013

BAGANSIAPIAPI - Sejumlah peralatan Teknologi Tepat Guna (TTG) yang merupakan karya dan inovasi masyarakat dari daerah sentra produksi pertanian dan tanaman pangan Kabupaten Rohil di Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Peralatan TTG yang dipamerkan tersebut umumnya perkakas untuk pengolahan produk-produk yang dihasilkan dari kegiatan home industri serta lainnya.
 
"Di daerah sentra itu kan ada produk home industri berupa pengolahan kerupuk tahu. Kemudian, gula aren dari nira sawit dan keripik nanas dan lainnya. Jadi, yang dipamerkan itu adalah alatnya," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Rohil, Hj Murniwati S KM, Kamis (14/11/2013).
 
Daerah sentra yang dinilai memiliki banyak inovasi yang telag diciptakan oleh masyarakat, tambah Murniwati, yakni berada di wilayah Kecamatan Rimbamelintang seperti di Kepenghuluan Muktijaya serta lainnya. "Dimana, di Kepenghuluan Muktijaya itu ada peralatan TTG yang telah diciptakan warga berupa pengolahan biogas dari limbah ternak. Termasuk pengolahan limbah ternak menjadi pupuk," kata Murniwati.
 
Daerah potensi lainnya, tambah Murniwati, yakni di kota 'kelapa sawit' Baganbatu, Kecamatan Bagan Sinembah. "Di sana, juga ada peralatan pengolahan limbah ternak menjadi pupuk baik berifat cair maupun padat. Melihat dari kondisi, ternyata Rohil memiliki banyak potensi. Dan semua potensi itu perlu terus dioptimalkan. Sehingga mampu menciptakan inovasi baru," kata Murniwati. (rep1)