Juara Gambus, Rohil Wakili Riau ke Kaltim

Rabu, 06 November 2013

BAGANSIAPIAPI - Personil Gambus Kabupaten Rokan Hilir menjadi satu-satunya wakil Riau diajang lomba gambus tingkat nasional di Kalimantan Timur (Kaltim), Desember mendatang. Tiket ke Kaltim itu didapat setelah menjadi jawara pada lomba yang sama di Pekanbaru belum lama ini digelar Kanwil Kementeriaan Agama Riau.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Rohil, H Agustiar S Ag membenarkan hal itu, Rabu (6/11/2013). "Ini suatu prestasi yang membanggakan. Menjadi jawara tingkat Riau dalam lomba gambus secara otomatis Rohil mewakili Bumi Lancang Kuning di ajang yang sama di Kaltim, Desember mendatang," sebut Agustiar.
 
Meraih gelar sebagai juara umum di Riau, tambah Agustiar, setidaknya dapat diajadikan lebih mengasah kemapuan sebelum bertolak ke Kaltim. "Juara Umuj itu kita dapat dari kategori anak-anak putri atas nama Septina Lafapia Amrida asal Kepenghuluan Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas. Kemudian kategori anak-anak putra juga berhasil meraih juara pertama atas nama Yazid Bustomi asal Kepenghulua Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas, keduanya meraih juara pertama," terangnya.
 
Selanjutnya untuk kategori remaja putra, tambah Agustiar, Kabupaten Rohil kembali meraih juara pertama atas nama Rimba Wahyu dari Kepenghuluan Air Hitam, Kecamatan Pujud. "Atas keberhasilan itulah, Kabupaten Rohil memimpin dalan pengumpulan poin dan meraih juara umum sekaligus menjadi duta Riau pada tingkat nasional nantinya," jelas Agustiar.
 
Melihat kondisi seperti itu, lanjut Agustiar, setidaknya telah membuktikan bahwa Kabupaten Rohil memiliki banyak potensi di berbagai bidang gambus. Sehingga, potensi yang ada tersebut perlu diberikan pembinaan untuk berkiprah pada setiap ajang kegiatan yang sama. "Pembinaan di daerah seperti ini yang diharapkan. Sehingga, prestasi demi prestasi kembali dapat diukir," harapnya. (rep1)