Potensi Sumber Daya Alam

Selasa, 29 Oktober 2013

Sekdakab Rohil Drs H Wan Amir Firdaus M Si

Kabupaten Rokan Hilir sebagai sebuah daerah yang dianugerahi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah. Untuk itu, tinggal bagaimana kita mampu mengembangkan potensi daerah ini dengan memanfaatkan SDA Alam yang melimpah tersebut. 

Lihat saja kawasan hutan Rokan Hilir tersebar ladang minyak hampir yang merata di setiap wilayahnya, sehingga daerah ini menjadi sebuah kawasan industri perminyakan dengan hasil produksi minyak mentah untuk negara lebih dari 75.000 barrel per hari. 
 
Di samping itu, kita memiliki 100.000 hektar perkebunan kelapa sawit dan belasan pabrik CPO, ditambah dengan jumlah penduduk lebih dari 700.000 jiwa dan sekitar 2 juta warga lainnya berada di sekitar kabupaten tetangga.
 
Lebih dari itu, Rokan Hilir juga memiliki cadangan minyak dan gas (Migas) yang sangat besar untuk dieksplorasi sebagai penyumbang terbesar bagi devisa negara. Tetntunya SDA ini sekaligus dapat menambah dan sebagai penopang utama palaksanaan pembangunan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) itu sendiri. 
 
Untuk itu, program percepatan peningkatan kesejahteraan rakyat. Bahkan dalam cadangan migas tersebut, merupakan sumber terbesar nomor dua di Indonesia setelah Kabupaten Kutai Kartanegara.
 
Maka, kita berharap pada tahun 2015 mendatang yang merupakan era komunitas ASEAN, Rohil sudah mulai mapan dalam segi aspek keagamaan yang tidak boleh ditinggalkan seiring perekonomi sosial dan budaya.
 
Dengan begitu, pemerintah berharap semua organisasi pemuda dapat menyesuaikan diri dengan memberikan dukungan kepada Pemkab Rohil dalam mewujudkan lembaga permodalan kewirausahaan kepada masyarakat. Sehingga, kita dapat memperkuat jiwa kewirausahaan itu sesuai yang diamanatkan Undang-undang dalam gerakan kemandirian wira usaha. (rep1)