Barca Susah Payah Taklukkan Levante

Ahad, 21 April 2013

BARCELONA-Setelah bekerja keras, Barcelona akhirnya berhasil menaklukkan Levante dengan skor 1-0 pada lanjutan Liga BBVA di Camp Nou, Sabtu atau Minggu (21/4) dini hari WIB. Gol tunggal Barca diciptakan Cesc Fabregas pada menit ke-86.

Barcelona sebetulnya memiliki kesempatan emas untuk unggul terlebih dulu setelah mendapatkan hadiah penati pada menit ke-17.  Wasit Alberto Undiano Mallenco langsung menunjuk titik putih begitu Andres Iniesta dilanggar Simao di kotak terlarang.

David Villa jutru yang dipercaya menjadi algojo, gagal membobol gawang tim tamu. Tendangan keras yang dilepaskan pemain asal Spanyol tersebut berhasil ditepis oleh kiper Keylor Navas.

Kegagalan tersebut tak membuat Barcelona menurunkan tekanan. Mereka terus menggempur tim tamu. Iniesta mencoba peruntungannya dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-25. Sayang tembakan Iniesta masih bisa ditangkap dengan baik oleh Navas. Navas kembali melakukan penyelamatan sempurna saat menepis tendangan bebas Dani Alves pada menit ke-33.

Barca terus mengancam. Alex Song memberikan umpan kepada Thiago, yang kemudian meneruskan bola untuk Villa. Mantan pemain Valencia tersebut langsung melepaskan tembakan keras. Namun, tembakan Villa masih membentur Juanfran pada menit ke-39.

Lima menit kemudian, Villa yang mendapatkan bola dari Song berhasil melepaskan tembakan melengkung. Apa daya, Villa dibuat gigit jari karena tembakannya kembali berhasil diblok Navas. Itu menjadi peluang terakhir bagi Barca pada babak ini.

Selepas jeda, Tito Vilanova melakukan pergantian. Dia memasukkan Xavi Hernandez dan Pedro Rodriguez untuk menggantikan Iniesta serta Thiago. Setelah melihat tak ada perubahan signifikan, Vilanova memasukkan Alexis Sanchez untuk menggantikan Christian Tello pada menit ke-77.  

Tito pun akhirnya tersenyum. Perubahan tersebut membuat serangan Barcelona lebih bervariasi dan bertenaga, yang ditegaskan oleh Fabregas dengan sebuah gol. Dari sisi kiri pertahanan Levante, Sanchez mengirimkan bola kepada Fabregas yang berdiri di dalam kotak penalti. Dalam dua kawalan pemain lawan, Fabregas berhasil melepaskan tembakan yang gagal ditangkal Navas.

Barcelona terus berusaha mencetak gol pada waktu tersisa. Melalui Fabregas dan Pedro, Barcelona mendapatkan setidaknya tiga peluang emas yang tak berbuah gol, akibat antisipasi Navas. (rep03)