Gratis, Warga Bakal dapat Obat Kaki Gajah

Senin, 14 Oktober 2013

 

BAGANSIAPIAPI - Puskesmas Bagan Batu akan kembali membagikan gratis obat pencegah penyakit kaki gajah (Filariasis) kepada warga. Rencana pembagian obat kaki gajah bagi warga Kecamatan Bagan Sinembah ini adalah tahap kedua.
 
Kepala Puskesmas Bagan Batu, dr Josafart Silalahi, Senin (14/10/2013), membenarkan hal itu ketika di temui di Bagansiapiapi. "Obatnya sudah kita terima dari Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, dalam waktu dekat akan segera dibagikan ke masyarakat. Hal ini dilakukan untuk pencegahan bahaya penyakit kaki gajah," jelasnya. 
 
Dijelaskan Josafart, sejauh ini pihaknya tengah mendistribusikan obat tersebut ke seluruh Puskesmas Pembantu (Pustu) untuk mempercepat pembagian ke masyarakat. "Kita libatkan seluruh Pustu dalam pendistribusiannya. Supaya lebih cepat diterima masyarakat," timpalnya. 
 
Josafart menyebutkan, jumlah calon penerima obat tersebut sesuai data lama mencapai 56.000 jiwa lebih. "Tetapi untuk tahap dua ini disiapkan lebih dari jumlah data awal. Selain Pustu, kita juga melibatkan unsur pemerintah kepenghuluan dan kelurahan," sebutnya. 
 
Meski di daerahnya belum ditemukan kasus kaki gajah. Josafart menegaskan hal ini sebagai wujud antisipasi pemerintah. "Sejauh ini kita belum menerima laporan ada warga yang terjangkit penyakit ini. Tetapi mewaspadainya kan jauh lebih baik, makanya kita bagikan obat itu," tegasnya.
 
Dalam kesempatan itu dirinya juga berharap agar warga selalu meningkatkan pola hidup sehat. "Dengan menanamkan pola hidup sehat, kita yakin ancaman berbagai penyakit dapat dihindari," ajaknya. (rep1)