Wabup Rohil Ajak Jaga Kelestarian Hutan

Jumat, 11 Oktober 2013

Wabup Rohil, H Suyatno secara simbolis melakukan penanaman pohon di kawasan jembatan Pedamaran, Bagansiapiapi, Rabu (9/10/2013). (rep1)

 

BAGANSIAPIAPI - Wakil Bupati Rohil, H Suyatno mengajak warga untuk menjaga kelestarian hutan dengan tidak merusak ekosistem. Karena, ajakkannya itu sekaligus mendukung gerakkan penghijauan untuk menekan pemanasan global.
 
Sebab, lanjut Wabup, dengan menjaga hutan, secara otomatis menjaga sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup. "Sudah menjadi kewajiban manusia untuk menjaga lingkungan termasuk menjaga kelestarian hutan dari aksi penjarahan hutan itu sendiri. Ini demi sumber kehidupan yang semakin terancam dari pemanasan global akibat perambahan hutan," ajak Suyatno di sela melakukan penanaman pohon di kawasan jalan menuju jembatan Pedamaran, Rabu (9/10/2013) lalu.
 
Apalagi, katanya, pemerintah tengah gencar-gencarnya melakukan gerakkan penghijauan dengan program penanaman 1 miliar pohon di berbagai daerah. "Inilah salah satu tujuan dari Pemerintah Pusat dan daerah, melalui gerakkan penanaman 1 miliar pohon setidaknya dapat memperbaiki kerusakan hutan dari aksi illegal logging. Makanya kita terus melakukan penanaman pohon di berbagai wilayah termasuk di Batu Enam hingga jembatan Pedamaran ini," jelas Suyatno. 
 
Untuk itu, dirinya juga mengingatkan warga untuk menjaga pohon-pohon yang baru di tanam itu. "Jadi, pohon yang kita tanam di sepanjang jalan dari Batu Enam hingga jembatan Pedamaran wajib dijaga bersama. Karena ini sangat besar manfaat untuk anak cucu kita kelak," pesannya. 
 
Kepada Dinas Kehutanan Rohil, Drs Suandi menambahkan, untuk penghijauan di wilayah Rohil tahun 2013, pihaknya menyediakan sebanyak 16.000 pohon. "Belasan ribu pohon ini ditanam di beberapa tempat seperti Kantor Bupati yang baru, Kantor Kemenag, Kantor Pengadilan Negeri Bagansiapiapi, dan di kawasan lainnya. Nah, untuk kawasan jembatan Pedamaran kita tanam sebanyak 1.125 pohon dari selatan hingga utara sampai ke jalan menuju Kantor Bupati baru," jelas Suandi.
 
Pohon yang di tanam di sepanjang jembatan pedamaran, lanjutnya, merupakan jenis trembesi dan mahoni. Sementara di kawasan pemukiman warga ditanam pohon karet dan matoa. (rep1)