Truk Over Kapasitas Rusak Jalan Pematang Botam

Senin, 07 Oktober 2013

Jalan lintas menghubungkan Simpang Poros-Teluk Kota tepatnya di Pematang Botam, Kecamatan Rimba Melintang kondisinya rusak parah akibat truk sawit mel

 

RIMBA MELINTANG - Jalan lintas Pematang Botam yang menghubungkan Simpang Poros-Teluk Kota, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir rusak parah sepanjang 5 kilo meter. Kondisi jalan tersebut membuat masyarakat setempat sulit untuk melakukan aktivitas akibat sering dilalui truk melebihi kapasitas muatan. 
 
Pasalnya, jika musim penghujan seperti saat ini, jalan tersebut sulit dilalui karena digenagi air bercampur lumpur. "Kami sulit untuk melalui jalan itu. Ini diakibatkan truk bermuatan over kapasitas yang kerap melalui jalan. Sedangkan jika musim panas, jalan dipenuhi debu. Sebaiknya truk-truk over kapasitas muatan dilakukan penertiban," keluh Ridwan Panjaitan, Senin (7/10/2013) yang sejak puluhan tahun tinggal di Pematang Botam. 
 
Ditambahkannya,  jika pada musim hujan begini, tak jarang truk pengangkut sawit terpuruk hingga menyebkan antrian panjang. Ridwan berharap agar jalan tersebut diperhatikan oleh Pemkab Rohil maupun DPRD, atau setidaknya membuat aturan yang jelas atas kapasitas muatan yang boleh melalui jalan tersebut. "Karena jalan ini sebagai jalan penghubung kami ke mana saja," harapnya. 
 
Penghulu Pematang Botam, Sukirman, membenarkan kondisi jalan tersebut rusak diakibatkan truk melebih kapasitas muatan. "Jalan ini sebelumnya bagus. Karena sering dilalui kenderaan berat dengan tonase melebihi kapasitas, maka jalan sekarang rusak parah. Ini yang akan kita tertibkan," tegasnya. (rep1)