Salip MU, Real Madrid Klub Sepakbola Terkaya

Jumat, 19 April 2013

Jakarta - Real Madrid menyalip Manchester United sebagai klub sepak bola paling berharga di dunia menurut perhitungan tahunan majalah Forbes.

Forbes melansir nilai Real Madrid mencapai $ 3,3 miliar atau setara dengan Rp 32,36 triliun, Rabu, 17 April 2013. Meningkat 76 persen dari nilai Madrid tahun lalu. Manchester United, yang terus menjadi nomor satu sejak Forbes pertama kali melansir daftar klub-klub sepak bola paling bernilai pada 2004, harus rela berada pada peringkat dua dengan nilai $ 3,17 miliar atau setara dengan Rp 29,29 triliun. Meningkat 42 persen dari nilai tahun lalu.

Dalam sebuah pernyataan, Forbes melansir, "Ini pertama kalinya sejak Forbes menilai tim sepak bola pada 2004 bahwa Manchester United tidak berada pada nomor satu. Real Madrid telah secara konsisten menghasilkan pendapatan tertinggi dari setiap tim sepak bola di dunia, meskipun dengan adanya krisis ekonomi yang intens di Spanyol. Dengan megabintang seperti Cristiano Ronaldo di lapangan dan pelatih Jose Mourinho di bangku cadangan, Real Madrid telah berkembang di bawah kepemimpinan miliarder presiden Florentino Perez."

Adapun Barcelona harus puas berada di peringkat tiga dengan nilai $ 2,6 miliar, diikuti Arsenal ($ 1,33 miliar), Bayern Munich ($ 1,31 miliar), AC Milan ($ 945 juta), Chelsea ($ 901 juta), Juventus ($ 694 juta), Manchester City ($ 689 juta), dan Liverpool ($ 651 juta). AC Milan adalah satu-satunya klub 10 besar yang mengalami penurunan dari tahun lalu sebesar 4 persen.

"Menurut penilaian untuk tim sepak bola tahun ini, 20 tim teratas bernilai rata-rata $ 968 juta, meningkat 26 persen dari tahun lalu. Nilai dari tim Forbes adalah nilai-nilai perusahaan (ekuitas ditambah utang) yang didasarkan pada kelipatan pendapatan dari televisi, tiket premium, media, merchandise, dan konsesi-konsesi lain," lansir Forbes. (rep02)