Lagi, Disdik Gandeng UR Tingkatkan Kualifikasi Guru

Rabu, 25 September 2013

Bupati Rokan Hilir H Annas Maamun menyalami para guru dalam suatu kesempatan. (rep1)

BAGANSIAPIAPI - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Rokan Hilir kembali menggandeng Universitas Riau (UR) untuk meningkatkan kualifikasi guru. Kegiatan tersebut meliputi seleksi penerimaan mahasiswa khusus guru yang belum sarjana untuk menempuh gelar sarjana keguruan.

Hal ini diberlakukan mengingat tuntutan Uandang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen diwajibkan berpendidikan Strata 1 (S1). "Program ini kembali digelar dengan bekerjasama dengan UR. Dalam waktu dekat ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru khusus guru akan diikuti sebanyak 245 orang, mulai dari guru PAUD, TK, SD, SMP dan SMA sederajat, termasuk Guru Bimbingan Konseling (BK)," sebut Kabid Ketenagaan Pendidikan Menegah Disdik Rohil, Almi, Selasa (24/9/2013) di Bagansiapiapi.

Seleksi mahasiswa baru khusus guru tersebut dilaksanakan di Gedung UR kampus Bagansiapiapi, Batu Enam. "Yang menjadi calon mahasiswa, mereka yang selama ini telah mengabdikan diri minimal 4 tahun menjadi honorer. Kemudian, peserta wajib melampirkan SK honorer dari Bupati Rokan Hilir," jelasnya.

Sementara itu, pihak UR, Herman mengatakan, materi yang diujikan kepada calon mahasiswa baru tersebut adalah pendidikan tentang kemampuan dasar bidang studi Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. "Sementara penentuan kelulusan berdasarkan keberhasilan penguasaan jawaban bidang study yang diujikan, dan bakal dinilai langsung oleh UR," sebutnya.(rep1)