Pemkab Bantu Kendaraan Roda Empat dan Dua

Senin, 15 April 2013

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir melakukan berbagai upaya dalam memajukan dunia pendidikan. Salah satunya membantu kendaraan roda empat dan dua untuk transportasi guru maupun pengawas ke sekolah-sekolah.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Rohil, H Suyatno, baru-baru ini. Selain itu, katanya, guru dan pengawas juga diminta harus memiliki wibawa disaat menjalankan tugasnya masing-masing.
 
"Kita minta guru dan pengawas di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan, sesuai yang diharapkan Pak Bupati. Peran guru dan pengawas tidak semata melakukan pengawasan terhadap siswa, guru dan sekolah semata, melainkan harus mampu melakukan terobosan-terobosan guna meningkatkan kualitas pendidikan itu sendiri secara umum," ujar Suyatno.
 
Menurut Wabup, guru dan pengawas sekolah harus turun langsung ke sekolah-sekolah yang masuk wilayah kerja masing-masing. Dengan mengawasi langsung aktifitas guru dan siswa disetiap sekolah, itu artinya akan mengetahui persoalan apa yang tengah terjadi.
 
"Guru dan pengawas juga harus mengetahui jumlah guru dan siswa disetiap sekolah. Jangan sampai komposisi jumlah guru dan siswa disebuah sekolah tidak seimbang. Begitu juga dengan jumlah guru yang berstatus PNS dengan honorer. Ini harus seimbang agar tidak ada persepsi yang nanti justru menjadi permasalahan," katanya.
 
Wabup melanjutkan, fungsi pengawas sekolah juga harus dapat berbagi ilmu dan pengalamannya kepada pihak sekolah, guru maupun para siswa. Dengan pengalaman yang telah didapatnya selama di dunia pendidikan, baik sebagai guru maupun kepala sekolah, tentu memiliki pengalaman yang lebih tentang dunia pendidikan.
 
"Maka dengan memberikan ilmu dan pengalaman yang ada hal ini nanti akan menuntun sekolah, guru dan siswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Apalagi nilai kelulusan siswa  kita sejauh ini tergolong masih bisa bersaing," paparnya.

Hal ini harus menjadi fokus guru dan dewan pengawas, bagaimana cara meningkatkan kualitas pendidikan dengan pencapaian nilai yang optimal. "Sebab sejauh ini pemerintah daerah sendiri telah banyak melakukan berbagai upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas di dunia pendidikan. Persaingan bukan tambah ringan akan tetapi bertambah berat," ucapnya.(rep-01)