Rantau Kopar Bebas Penyakit Kaki Gajah

Jumat, 13 September 2013

ilustrasi

RANTAU KOPAR - Data yang dirilis dari Puskesmas Rantau Kopar, Kecamatan Rantau Kopar, Kabupaten Rokan Hilir, daerah ini bebas dari penyakit kaki gajah. Dari jumlah penduduk yang mencapai sekitar 6.500 jiwa, Dinas Kesehatan (Diskes) dan Puskesmas setempat belum menemukan warga yang menderita penyakit kaki gajah atau biasa disebut filariasis itu.

Hal ini ditegaskan Kepala Puskesmas Rantau Kopar, dr Marlina, Kamis (12/9/2013). Diakuinya, pihaknya selama ini menjalankan program pemerintah untuk mencegah dan memberantas filariasis terbukti ampuh melalui pendekatan kepada masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat.

"Sejak beberapa bulan lalu memang kita terus menjalankan program Pemerintah Pusat dalam  mengantisipasi penyakit kaki gajah dengan memberikan obat , dan sebelum membagikan obat tersebut, kami mendata keluarga berkemungkinan menderita penyakit kaki gajah untuk ditangani. Tetapi, seiring perkembangan waktu justru Rantau Kopar terbebas dari penyakit ini," kata Marlina.

Meski belum menemukan kasus filariasis,  pemberian obat secara gratis tetap dilaksanakan pihaknya. "Karena obat tersebut sifatnya dalam rangka pencegahan, makanya terus kita sosialisasikan ke warga," terangnya.

Selain itu, Puskemas Rantau Kopar juga terus memberikan penyuluhan kepada warga menyangkut Prilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS). "Tujuannya  untuk menghindari berbagai penyakit yang bisa datang kapan saja. Melalui program tersebut, kesadaran masyarakat akan hidup bersih dan sehat semakin tinggi dan dapat terhidar dari berbagai penyakit termasuk penyakit kaki gajah," jelasnya. (rep1)