Diskes Rohil Gencarkan Sosialisasi PHBS

Selasa, 03 September 2013

BAGANSIAPIAPI - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) bersama perangkatnya yang tersebar di puskesmas semakin gencar mensosialisasikan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan gencarnya sosialisasi tersebut, diharapkan masyarakat yang ada di semua wilayah Kabupaten Rohil dapat melaksanakan program tersebut demi mencegah dampak berbagai penyakit.

"Sebenarnya PHBS itu merupakan program nasional. Lantaran sebagai program nasional, maka harus disampaikan dan dilaksanakan di semua daerah termasuk di wilayah Kabupaten Rohil. Dan kita dari Diskes Rohil terus terus mensosialisasikan program PHBS itu kepada masyarakat di setiap ada kesempatan,'' kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rohil, dr H Muhammad Junaidi Saleh M Kes, Selasa (3/9/2013).

Dengan semakin gencarnya dilakukan sosialisasi itu, tambah Junaidi, diharapkan masyarakat yang ada di semua daerah di wilayah Kabupaten Rohil bisa mengerti dan memahami soal masalah hidup yang bersih dan sehat. "Ini harapan kita., Dimana, diharapkan masyarakat bisa mengerti dan memahami masalah hidup bersih dan sehat. Karena, upaya ini termasuk salah satu untuk melakukan pencegahan. Dimana pencegahan itu lebih baik daripada mengobati," jelas Junaidi.

Guna memotivasi terealisasinya progra PHBS di semua daerah yang ada di Rohil, lanjut Junaidi, berbagai kebijakan sudah dilakukan. Salah satu diantaranya yakni melaksanakan lomba desa sehat antar kecamatan tingkat Kabupaten Rohil. Malahan, desa sehat tingkat kabupaten tersebut bisa memiliki peluang untuk ikut pada kegiatan serupa di tingkat provinsi maupun nasional.

"Lomba desa sehat seperti ini, sudah kita laksanakan. Malahan, kegiatannya terus kita lakukan setiap tahun. Ini semua dimaksudkan sebagai motivasi sehingga masyarakat yang ada di daerah bisa menerapkan pola PHBS di daerah dan tempat tinggalnya masing-masing,'' katanya. (rep1)